Kenali Tipe Busi Motor Kalian, Salah Pilih Berbahaya
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
04
Okt
2019

Kenali Tipe Busi Motor Kalian, Salah Pilih Berbahaya

  8015   0
Busi
Busi

JAKARTA, ME. Busi merupakan komponen penting pada siklus pembakaran mesin yang berbahan bakar bensin. Jadi tentunya penggunaan tipe busi yang tidak tepat pada motor bisa mengakibatkan penurunan kinerja mesin motor tersebut, bradsis.

Nah, pada tulisan kali ini, kita bakal membahas apa saja sih kerugian kalau salah memilih tipe busi? Busi itu sendiri bisa dibilang serupa tapi tak sama, karena busi dengan lebar ulir yang serupa belum tentu memiliki fitur & spesifikasi busi yang sama.

Misalkan dia (busi) terlalu pendek, atau terlalu panjang tentunya bisa membuat penumpukan karbon busi overheat & terbentur piston. Sedangkan agar busi membuat pembakaran sempurna, diperlukan komposisi bahan bakar & udara yang ideal di dalam ruang bakar yang sehat dengan timing & besaran “percikan listrik” busi yang tepat, bradsis.

Lalu apa kerugian atau bahaya yang mengancam jika salah memilih tipe busi? Kesalahan pasang kode busi diantarnya dapat mengakibatkan mesin Overheat, Piston mentok, Elektroda meleleh, ECU bermasalah, dan Knocking.

Jadi untuk mengantisipasinya, brader and sista mesti tahu kode atau tipe busi sesuai motor kalian.

Berikut daftar kode busi di masing-masing sepeda motor:

Text: ichsan (ixzancuy@gmail.com),
Photo: istimewa
  60 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !