Fitur Anti-Wheelie Pada Suzuki GSX RR, Bakal Buat Perbedaan Besar GP Jepang
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
MOTOGP
18
Okt
2019

Fitur Anti-Wheelie Pada Suzuki GSX RR, Bakal Buat Perbedaan Besar GP Jepang

  5110   0
Suzuki GSX RR 1000 Yang Di Gunakan Oleh Tim Suzuki Ecstar
Suzuki GSX RR 1000 Yang Di Gunakan Oleh Tim Suzuki Ecstar

JEPANG, ME. Seri ke-16 gelaran MotoGP akan kembali bergulir pada pekan ini (20/10) yang akan berlangsung di sirkuit Twin Ring Motegi, jepang, bradsis.

Sebagai salah satu tim tuan rumah, Suzuki Ecstar yang tengah mempersiapkan diri untuk tidak kehilangan poin kali ini. Bahkan Rins sempat mengatakan, bahwa ia akan berusaha untuk membuat Suzuki tersenyum di halaman rumahnya.

Fakta menarik race MotoGP di sirkuit yang sama setahun lalu, atau tepatnya di tahun 2018. Rins berhasil naik podium ke-3 tepat di belakang Cal Crutchlow, bradsis.

Pada race kali ini, front–end downforce yang di hasilkan oleh sayap pada fairing motor sangatlah penting. Sirkuit Motegi memiliki tikungan yang khas yang membutuhkan pengereman ekstra, dan juga jalur lurus, yang membutuhkan akselerasi maksimal.

Karena menurut kepala mekanik Joan Mir, Frankie Charchedi, downforce pada motor dapat membuat perbedaan besar di sirkuit ini.

“Motegi adalah sirkuit yang unik, anda harus dapat melakukan pengereman yang baik dan akselerasi yang mumpuni. Ini membutuhkan tekhnik pengereman dan juga menjaga permukaan ban, karena lintasan dan juga suhu udara di sini,’ ungkap Frankie Charchedi.

Di sirkuit Motegi ini, saat rider melakukan hard braking  waktu memasuki tikungan, rider harus langsung melakukan akselerasi maksimal saat keluar tikungan. Dan karena itu dibutuhkanlah perangkat aerodinamika yang mumpuni pada fairing, seperti sayap, untuk mencegah terjadinya wheelie saat keluar tikungan dan berakselerasi.

Suzuki memiliki basis motor yang cukup baik, namun di butuhkan beberapa hal untuk memperbaiki kinerjanya agar bekerja secara maksimal.

Tim Suzuki berharap, saat race nantinya, semua berjalan sesuai rencana, biar bagaimanapun, ini adalah home race bagi Suzuki. So pasti ingin tampil sempurna dong bradsis, paling tidak seperti tahun lalu, bisa dapet podium ke-3.

Text: Andika,
Text editor: M. Ichsan,
Photo: MotoGP.com
  35 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !