SKILLS Jakarta Kasih Edukasi Safety Riding Kepada Pedagang
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-COMMUNITY
19
Nov
2019

SKILLS Jakarta Kasih Edukasi Safety Riding Kepada Pedagang

  1238   0
SKILLS Jakarta
SKILLS Jakarta
SKILLS Jakarta
SKILLS Jakarta

JAKARTA, ME. SKILLS Jakarta yang merupakan komunitas motor yang ingin mewujudkan tali persaudaraan dengan motto “No Colours, Just Brother”. Coba terus mengkampanyekan keselamatan berkendara, salah satunya lewat kegiatan Implementasi Road Safety Campaign di Jakarta (16/11), bradsis.

Kegiatan kali ini adalah mensosialisasi pentingnya fokus berkendara tanpa HP bagi para pengendara, yang kebetulan para peserta sosialisasi kali ini merupakan pedangan yang berada di Kantin Beritasatu Plaza, Jakarta.

“SKILLS Jakarta terus bergerak untuk menyebarkan pesan-pesan keselamatan jalan. Saat ini, kami fokus terhadap komunitas pedagang kantin di Beritasatu Plaza. Kami ingin menjelaskan betapa bahayanya menggunakan HP saat berkendara,” ujar Denny Triyoko, ketua panitia SCA (Safety Campaign Award)

Nah, latar belakang kegiatan ini dibuat diantaranya karena salah satu pemicu terjadinya kecelakaan akibat pengendara lebih fokus memainkan telepon genggam saat menyetir kendaraan, bradsis.

Kebiasaan itu membuat konsentrasi untuk memperhatikan jalan menjadi berkurang. Misalnya, berkendara sambil menelepon. Hal itu jadi salah satu pemicu kecelakaan yang banyak didominasi kaum milenial.

Skills Jakarta melakukan survey dengan melakukan kuesioner, wawancara dan mengambil bukti foto salah satu responden yang menggunakan telepon seluler saat berkendara. Berdasarkan hasil survey terhadap 15 responden, sebanyak 53,3% memakai telepon seluler saat mengendarai sepeda motor.

Kemudian, para responden memiliki alasan masing masing mengapa mereka memakai telepon seluler saat berkendara. Sebanyak 53.3% memiliki alasan membaca arah petunjuk peta (Maps). Lalu,sebanyak 40% memiliki alasan melakukan komunikasi via whatsapp dengan keluarga atau teman. Dan, sebanyak 6,6% memiliki alasan tidak peduli keselamatan.

Bahkan, sebanyak 92% responden tidak mengetahui undang-undang yang mengatur soal larangan menggunakan telepon seluler saat berkendara, yaitu UU Nomor 22 Tahun 2009, Pasal 106 Ayat 1.

Berdasarkan data itu, Skills Jakarta menemukan permasalahan yang terjadi di lingkungan kantin Beritasatu Plaza. Langkah selanjutnya, Skills Jakarta akan melakukan kegiatan Sosialisasi Pentingnya Fokus Berkendara Tanpa HP bagi Pedagang Kantin Beritasatu Plaza.

Ya, semoga dengan sosialisasi ini bisa membangun kesadaran mengurangi fatalitas dengan tidak menggunakan telepon seluler sambil berkendara.

Text: ichsan (ixzancuy@gmail.com),
Photo: istimewa
  40 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !