Busi Panas Dan Busi Dingin, Jangan Salah Pilih
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
KNOWLEDGE
27
Nov
2019

Busi Panas Dan Busi Dingin, Jangan Salah Pilih

  1659   0
Busi Panas Dan Busi Dingin
Busi Panas Dan Busi Dingin

JAKARTA, ME. Busi merupakan komponen pematik api di ruang bakar dan menghasilkan pembakaran. Perlu diketahui, busi ternyata ada dua jenis, yaitu, busi panas dan busi dingin. Nah, apa sih perbedaanya?

Busi panas atau dingin merupakan istilah ‘Heat Range’ kemampuan busi beradaptasi pada temperatur ruang bakar.

Cara membedakan antara busi panas dan busi dingin adalah dengan melihat panjang isolatornya, bradsis. Pendek berarti busi dingin sedangkan panjang untuk busi panas.

Ujung isolator yang pendek menandakan bahwa busi tersebut lebih cepat membuang panas. Jika isolatornya panjang maka ia dapat menyimpan panas untuk waktu yang lama.

Atau dengan melihat kode angka yang tertera pada busi. Jika angkanya semakin besar maka itu adalah busi dingin, semakin kecil menandakan busi panas.

Menurut Lambo, selaku pemilik Bengkel Tekupla yang beralamat di Jl Hos Cokro Aminoto, Larangan Utara, Kota Tangerang, Banten, mengatakan untuk penggunaan busi panas atau dingin sebaiknya disesuaikan dengan kompresi pada motor.

“Penggunaannya disesuaikan sama kompresi motornya aja, kalo kompresinya tinggi pake busi dingin, tapi kalo kompresinya rendah kayak motor standar pabrikan pake aja busi panas”, ungkap pria berkulit sawo matang tersebut.

“Jangan sampai nanti make busi dingin di motor standar dengan kompresi rendah, yang ada motor jadi susah hidup,” tambahnya.

Nah, semoga bermanfaat, bradsis. Biar nggak asal pakai busi aja buat motor kalian..

Text: Andika,
Text editor: M. Ichsan,
Photo: Andika MotorExpertz
  34 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (45)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !