Dongkrak Performa Lexi 125, Pakai Metode Copas Jadi 155 cc, Bradsis!
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-TIPS
21
Jan
2020

Dongkrak Performa Lexi 125, Pakai Metode Copas Jadi 155 cc, Bradsis!

  9744   0
Bore Up harian Yamaha Lexi Jadi 155 cc
Bore Up harian Yamaha Lexi Jadi 155 cc
Menggunakan Silinder Blok Yamaha Nmax
Menggunakan Silinder Blok Yamaha Nmax
Piston Kit Assy Yamaha Nmax tinggal Plug and Play
Piston Kit Assy Yamaha Nmax tinggal Plug and Play
Penampang setelah terpasang di Yamaha Lexi
Penampang setelah terpasang di Yamaha Lexi

BEKASI, ME. Dari lahir, Yamaha Lexi 125 punya performa cukup mumpuni. Namun bagi sebagian pemiliknya, masih dianggap kurang dan masih pengen dimaksimalin. Berbagai metode pun dilakukan demi mendongkrak tenaga. Salah satunya, bisa pakai parts Yamaha Nmax 155, bradsis.

Skutik yang merupakan adiknya NMax ini, memang punya bodi lumayan gede. Menurut Leximania, akan lebih cihuy, kalo tenaganya juga lebih galak, bradsis.   Makanya, trik upgrade performa pun macam-macam. Ada yang melakukan bore-up hingga metode copas alias copot aslinya, pasang part pengganti.

Cara paling gampang dengan hasil lebih 'nendang', ya model copas itu. Karena mesin Lexi sama dengan NMax, ada beberapa komponen punya sang kakak nemplok di Lexi. "Enggak usah khawatir,  engine Lexi sama dengan Nmax dan juga Aerox 155 cc, jadi istilahnya tinggal copas aja!"  bilang Ariyanto, bos bengkel Zona Speed di daerah Jatimelati, Bekasi, Jabar.

Lebih lanjut, Ari (gitu biasa pria ini disapa), menjelaskan. “Tinggi silindernya sama, begitu juga langkahnya, bedanya hanya di diameter pistonnya aja.”  Nah, dari situ, ada beberapa komponen yang dibutuhkan untuk menaikan kapasitas mesin Lexoy (sebutan Yamaha Lexi)  jadi 155 cc, dan total harga partnya tidak sampai Rp 500 ribu, bradsis.

Komponen-komponen tersebut adalah: blok silinder Nmax dibanderol Rp 242 ribu, piston kit assy Rp 196 ribu, gasket silinder Rp 10 ribu dan gasket silinder headnya Rp 20 ribu. Tuh bradsis, kalo ditotal cuma menghabiskan duit sebanyak Rp 468 ribu. Enggak sampai Rp 500 ribu, kan?

“Untuk bore-up harian cukuplah. Memang tarikan bawahnya terbilang smooth, tapi atasnya joss. Oh ya, kalo mau lebih enak, ya kudu up-grade part CVT-nya,” tutup Ari sembari bilang, buat Lexers (pengguna Lexi) yang mau ikutan upgrade, bisa kontak di 0812-98118397.

 

Text: Andika,
Text editor: Acip S,
Photo: Andika MotorExpertz
  36 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !