STNK Mati 2 Tahun Berturut-turut, Kendaraan Bakal Jadi Rongsokan
FDR Zevo
SSS chain
Corsa Ekonomis
ME-UPDATE
13
Feb
2020

STNK Mati 2 Tahun Berturut-turut, Kendaraan Bakal Jadi Rongsokan

  9003   0
Kepolisian akan memblokir identitas pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang tidak membayar pajak selama dua tahun berturut-turut
Kepolisian akan memblokir identitas pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang tidak membayar pajak selama dua tahun berturut-turut

JAKARTA, ME. Lo pengguna kendaraan bermotor yang dua tahun nunggak pajak, terhitung mulai dari habis masa berlaku STNK, maka bakal dihapus bahkan diblokir bradsis.

Peraturan ini mulai berlaku per tahun 2020, sesuai dengan peraturan Pasal 74 Undang-undang No. 22 Tahun 2009 serta Pasal 110 Peraturan Kapolri No. 5 Tahun 2012.

Nah yang harus diingat nih, tidak ada opsi pemutihan atau registrasi ulang brads. Nah lho, mau gak mau kudu bayar pajak, karena memang sudah kewajiban tiap pemilik kendaraan pribadi.

Menurut Direksi Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Halim Pagarra mengatakan bahwa, saat ini pelaksanaanya diterapkan terlebih dahulu pada kendaraan yang sudah tidak layak pakai, alias yang sudah ditinggalkan bertahun-tahun, bisa jadi karena rusak atau alasan lain bradsis.

“Benar kami sedang melaksanakannya, tapi saat ini dimulai untuk kendaraan yang sudah tidak layak pakai dahulu. Kendaraan-kendaraan yang sudah lama ditinggalkan atau tidak digunakan karena rusak berat dan sebagainya. Kemudian baru akan berlanjut kearah sana,” ungkap Brigjen Halim dikutip dari laman Otomotifnet.gridoto.com.

Kepolisian akan memblokir identitas pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang tidak membayar pajak selama dua tahun berturut-turut, terhitung dari habis masa berlaku STNK, setiap 5 tahun.

Oleh karena itu, mendingan cepet-cepet deh dibayar tuh STNK, dari pada diblokir. Alhasil mobil atau motor dicap jadi barang bodong alias gak bersurat emang mau, ME mah gak mau dah brads.

Text: Andika,
Text editor: Iman,
Photo: Andika MotorExpertz
  17 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (33)
B. Yamaha WR 250 R (52)
C. Viar Cross X 250 SE (46)
NHK Karel 2
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !