Terpaksa Berkendara Saat Hujan? Perhatikan Dulu 3 Hal Berikut
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
ANEKA TIPS
24
Des
2017

Terpaksa Berkendara Saat Hujan? Perhatikan Dulu 3 Hal Berikut

  2009   0
Tips aman berkendara
Tips aman berkendara

JAKARTA, ME. Cuaca di Indonesia saat ini memang kadang bikin galau, panas dan hujan yang tidak menentu, pastinya akan mengganggu aktivitas berkendara jika tidak siap dalam menghadapinya. Beda halnya jika brad n sis telah menyiapkan perlengkapan berkendara untuk cuaca seperti ini.

Ditambah lagi kondisi kendaraan dan pengendara yang wajib aman, dalam kondisi hujan konsentrasi harus lebih ekstra dengan alasan jarak pandang yang terbatas. Dalam kondisi ini keselamatan selalu yang utama, terlebih jika brad n sis menyiapkan perlengkapannya.

NTMC Polri membagikan tips berkendara aman saat musim hujan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi para pengendara sepeda motor:

1. Helm SNI
Helm SNI merupakan peranti wajib saat mengendarai motor, baik saat cuaca normal maupun hujan. Namun, disarankan menggunakan helm yang saat kondisi hujan adalah helm full face, agar sewaktu berkendara wajah dan mata tidak terganggu oleh guyuran air yang dapat menyebabkan terganggunya penglihatan dan konsentrasi.

2. Jas Hujan
Jas hujan diperlukan agar pakaian tidak basah dan mengganggu suhu tubuh pengendara. Jas hujan yang digunakan berbentuk jaket dan celana. Tidak berbentuk ponco atau jubah, karena berisiko tersangkut rantai atau roda. Selain itu, sebaiknya gunakan jas hujan berwarna cerah agar mudah terlihat pengendara lain. Jangan sesekali menggunakan payung sewaktu berkendara dengan sepeda motor.

3. Sepatu
Banyak biker yang menggunakan sendal ketika hujan karena takut sepatu yang digunakan basah. Padahal, sebaiknya pengendara tidak menggunakan sendal karena berbahaya jika terjatuh atau terkena pantulan kerikil. Gunakanlah sepatu tahan air, atau paling tidak menggunakan cover sepatu. Jika terpaksa menggunakan sepatu biasa, jangan menapakkan kaki bradsis di atas mesin, khususnya jika menggunakan motor cub. Jika demikian, titik keseimbangan motor dan pengendara dapat berubah, tentu saja dapat mempengaruhi pengendalian sepeda motor.

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Banar
  23 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !