Ternyata Teknologi Ini Yang Bikin Starter Motor Honda Makin Sunyi
GM Juli 2015
SSS chain
Achilles Tire
KNOWLEDGE
04
Jan
2018

Ternyata Teknologi Ini Yang Bikin Starter Motor Honda Makin Sunyi

  1846   0

JAKARTA, ME. Suara agak berisik berasal dari dinamo starter saat start awal motor matik, kadang membuat sedikit risih ya bradsis. Namun belakangan ini pabrikan skutik Honda sudah memperbaharuinya dengan menggunakan teknologi Alternating Current Generator (ACG) starter.

Kabarnya teknologi yang diterapkan tidak lagi membutuhkan dinamo starter konvensional untuk memutar kruk as dan menciptakan pembakaran awal, sehingga saat tombol starter ditekan, tak terdengar lagi bunyi bising, bradsis.

"Karena tidak ada lagi dinamo starter dan mekanisme gigi starter, maka suara kasar akibat gesekan antar komponen bisa dikurangi. Suaranya lebih halus dan lebih minim getaran," buka Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor, PT Astra Honda Motor (AHM).

Seperti yang tim ME lansir dari situs resmi Honda, ACG memiliki cara kerja yang sama seperti kerja alternator pada umumnya. Pembedanya adalah pada awal menekan tombol starter, putaran magnet digunakan untuk menghidupkan mesin.

Dicontohkan Alternator pada Vario Techno 125 yang memiliki 12 kutub magnet dengan 18 kumparan dengan kutub magnet ramenen atau magnet tidak tetap. Delapan belas kumparan akan dibagi menjadi 3 hall yang berbeda, saat tombol starter ditekan, arus listrik akan mengalir menuju FET circuit di Electronic Contol Module (ECM) yang membagi arus listik yang masuk secara kombinasi ke 3 hall dalam kumparan.

"Tujuannya tercipta medan magnet yang saling tolak dan menarik untuk membuat flywheel bergerak," tambah Endro.

Saat flywheel berputar, otomatis memutar kruk as dan membuat piston naik-turun menghidupkan mesin. Setelah mesin hidup, aliran listik ke kumparan diputus, fungsinya kembali menjadi alternator yang menghasilkan arus listik untuk disimpan ke aki.

"Motor ini sistem pengisiannya juga sudah tiga phase. Arusnya lebih stabil dan kecil kemungkinan akan tekor," jelas Endro.

Teknologi ini juga didukung dekompresi dengan fungsi mengurangi atau membocorkan kompresi saat awal melakukan starter, efeknya proses menghidupkan mesin jadi lebih ringan dan Swing Back agar mudah saat menghidupkan mesin.

Sedangkan swing back adalah posisi kruk as yang berputar ke arah berlawanan sebelum starter diaktifkan. Gunanya untuk memberikan kesempatan pada piston mengambil ancang-ancang, sehingga mesin lebih mudah dihidupkan dengan daya lebih kecil.

Bagaimana sudah paham dengan teknologi kesunyian pada stater Honda?

Text: Arbi (arbi.motorexpertz@gmail.com),
Text editor: Banar Giwantono,
Photo: Istimewa
  19 Votes

Artikel Terkait

CONNECT WITH
TRANSLATE
Dari tiga pilihan motor penggaruk tanah di bawah ini, mana yang paling loe suka bradsis?
A. Kawasaki KLX 250 (20)
B. Yamaha WR 250 R (51)
C. Viar Cross X 250 SE (37)
KYT Helmet
  PERLU BRAD SIST BACA JUGA !