Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Fungsi Knalpot Motor

Rabu 23-08-2023,09:25 WIB
Reporter : M. Rafa Nugraha
Editor : M. Iksan

Hal ini paling sering diterapkan pada kendaraan motor 2 tak yang memiliki fungsi gaya balik pada gas buang berkat adanya chamber. Teknologi motor 2 tak juga tidak memiliki katup ex.

BACA JUGA:Bagi Kalian Pemilik Motor BeAT, Ini Tips Untuk Irit Bensin

Chamber sendiri berfungsi untuk memutar gas masuk dan buang saat proses pembakaran berlangsung. Jika knalpot yang dipasang bisa menyesuaikan dengan mesin, maka power tersembunyi dalam motor Anda bisa ditingkatkan. 

3. Menjadi Aksesoris atau Pemanis Kendaraan

Fungsi knalpot lainnya adalah sebagai ornamen kendaraan. Anda bisa melihat pada beberapa kendaraan yang dimodifikasi, knalpot juga ikut diganti. Ada yang menggunakan bahan chrome bahkan ukurannya bervariasi. 

4.Berfungsi untuk Mengurangi Polusi Udara

BACA JUGA:Resmi Berakhir! Inilah 4 Motor Terfavorit di GIIAS 2023!

Sisa pembakaran mengandung karbondioksida yang dilepaskan ke udara. Kandungan ini sangatlah berbahaya bagi lingkungan dan menjadi sumber polusi. Kini knalpot juga difungsikan sebagai alat untuk mengurangi polusi. 

Terdapat teknologi catalytic converter yang fungsinya mengkonversi karbon dari sisa pembakaran. Dengan begitu setiap kendaraan bisa digunakan lebih efisien dan polusi udara pun berkurang. 

Itulah beberapa manfaat adanya knalpot pada motor.

Kategori :