Honda EM1 e: Dinilai Kemahalan, Begini Respon AHM!

Rabu 23-08-2023,09:24 WIB
Reporter : M. Rafa Nugraha
Editor : M. Iksan

JAKARTA, MOTOREXPRETZ.COM -  Belum lama Honda mengeluarkan jenis motor listrik yang diberi nama motor listrik EM1 e.

Perlu kalian ketahui, harga motor listrik tersebut melebihi harga motor pada umumnya motor tersebut diberi bandrol dengan harga Rp40-45 juta.

Dengan harga yang fantastis tersebut, banyak yang berkomentar dengan harga gilanya tersebut.

BACA JUGA:Punya Investor Baru, Motor Listrik ALVA Terus Perkuat Jaringan dan Produk di Indonesia

Menanggapi keluhan mengenai harga, pihak AHM pun memberikan respon mengenai harga motor listrik EM1 e.

Thomas Wijaya selaku Executive Vice President PT Astra Honda Motor (AHM) , Thomas mengatakan bahwa produk motor listriknya berada pada segmen yang berbeda.

Berdasarkan penuturannya, harga baterai menjadi faktor penentu utama harga Honda EM1 e:.

"Segmennya berbeda, kan enggak cuma dari harga tapi juga dari performa, penggunaannya seperti apa, kemudian untuk motor listrik butuh infrastruktur charger sama baterainya juga. Beda dengan motor bensin biasa kalau bicara sekarang ini ya beli tinggal jalan aja kan," ujar Thomas di BSD Senin, 21 Agustus 2023.

BACA JUGA:Jangan Abaikan Ini! 5 Alasan Mengapa Service Rutin Motor Adalah Kunci Rahasia Umur Panjang

"Itu kan pilihan, kalau ada konsumen yang cinta motor listrik untuk penggunaan jarak dekat, silakan welcome. Makanya tadi pengguna dan segmen yang dituju berbeda," lanjutnya.

Perlu kalian ketahui pula bahwa harga motor listrik EM1 e masih bisa turun, jika AHM memenuhi syarat subsidi pemerintah untuk motor listrik.

Salah satu persyaratannya adalah dengan memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40 persen. Thomas sebelumnya mengaku pihaknya sedang dalam proses mencapai tahap tersebut.

"Bertahap ya, kan juga kita sekarang sedang proses untuk TKDN. Kita sampaikan terbuka bahwa kita sedang mengurus TKDN untuk motor listrik ini," jelas Thomas.

BACA JUGA: Terungkap! Inilah Penyebab Cat Motor Menjadi Kusam

Sebagai informasi,  Honda EM1 e: dibekali baterai lithium ion dengan kapasitas 26,1 Ah. Di atas kertas motor listrik dari merek Jepang ini mampu mencapai kecepatan tertinggi 45 km/jam dan jarak tempuh 41,1 kilometer.

mengenai pengisian daya baterainya, Honda EM1 e: bisa dicharge menggunakan Honda Power Pack Charger e: dalam waktu 2,7 jam untuk 25-75 persen dan total 6 jam untuk 0-100 persen.

Kategori :