Jangan Sering Gonta-ganti Jenis BBM, Fatal Banget Akibatnya Buat Motor!

Rabu 01-11-2023,10:39 WIB
Reporter : Abdullah Adliyanto
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Efek ganti BBM secara terus-menerus Pada kendaraan motor ternyata sangatlah berbahaya.

Kendaraan yang menggunakan mesin membutuhkan BBM untuk menjalankan sistem pembakaran di dalam ruang mesin.

Oleh karena itu kita harus menggunakan BBM yang memiliki kualitas baik.

BACA JUGA:Harga BBM Melonjak Naik Jangan Cepat Panik, Simak Tips Naik Motor Hemat Bensin

Jika kalian menggunakan BBM dengan kualitas tidak baik, maka segera ganti dengan BBM yang memiliki kualitas baik. Namun, jangan keseringan untuk mengganti BBM.

Jika hanya satu atau dua kali tidak masalah. Namun, jika sudah keseringan akan berdampak buruk. Berikut ini adalah dampak buruknya.

Kinerja Mesin Menurun

Saat ini terdapat dua jenis bahan bakar yang sering digunakan oleh para pengendara yaitu Pertalite dan Pertamax. Kedua BBM ini memiliki perbedaan pada kandungan angka oktan. Jika Pertalite memiliki angka oktan 90 sedangkan Pertamax memiliki angka oktan 92.

BACA JUGA:Pertama di Kota Medan, Yamaha Fazzio dan Filano Tampil Beda Pada Event Modifikasi 'Classy Yamaha'

Perlu diketahui, bahwa setiap jenis mesin pada kendaraan memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Tidak selalu bahan bakar dengan oktan tinggi akan baik untuk mesin. Oleh karena itu, gunakan BBM yang sesuai dengan spesifikasi dari mesin pada kendaraan kalian.

Dan jangan sering melakukan penggantian atau pencampuran jenis BBM, karena akan memberikan dampak buruk pada mesin kendaraan kalian.

Jadi sangat disarankan untuk menggunakan BBM yang sesuai dengan mesin kendaraan kalian serta jangan mencampur atau mengganti jenis BBM secara terus-menerus.

Efek ganti BBM secara terus menerus akan menyebabkan kinerja mesin menurun. Hal ini disebabkan karena saat mesin kendaraan menggunakan BBM dengan angka yang sesuai lalu diganti dengan BBM yang angka oktannya berbeda, maka mesin akan menyesuaikan kembali kompresinya.

BACA JUGA:Trik Berkendara Hemat BBM, Perhatian 2 Poin Ini Dijamin Irit

Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, maka kinerja mesin akan menurun dan konsumsi bahan bakar juga akan menjadi lebih boros.

Kerak Pada Mesin

Jika kalian mengganti BBM sekali atau dua kali pada kendaraan, maka tidak ada dampak buruk yang timbul. Namun, kalau sudah sering mengganti BBM, maka kalian perlu mengetahui dampak buruk yang terjadi pada kendaraan kalian berikut ini.

Jenis BBM yang berbeda memiliki komposisi kimiawi yang berbeda juga. Jika sering mengganti jenis BBM yang memiliki komposisi berbeda, maka akan menyebabkan penebalan kerak atau residu di dalam mesin motor kalian. Penebalan kerak ini akan menyebabkan turunnya kompresi. Sehingga lubang klep yang seharusnya tertutup rapat menjadi teganjal oleh kerak.

BACA JUGA:Cara Irit BBM Sepeda Motor, Rutin Cek Bagian Ini!

Oleh karena itu disarankan untuk kendaraan lama menggunakan BBM Pertalite kalau untuk kendaraan modern menggunakan Pertamax. Sedangkan untuk kendaraan sport menggunakan BBM Pertamax Turbo. Semua BBM tersebut memiliki kualitas yang baik dan memiliki kandungan oktan yang tinggi.

Hal yang sama pun berlaku saat Kalian sering gonta-ganti BBM dari merek satu ke merek lainnya, misalnya dari Pertamina ke Shell. Pasalnya, tiap produsen punya konfigurasi yang berbeda, sehingga perbedaan inilah yang bisa membuat mesin kaget dan menimbulkan masalah di dalamnya.

Jadi intinya, kalau mau ganti, sebaiknya ganti sekalian dan konsisten dengan bahan bakar pengganti tersebut. Jangan dicampur-campur!. (ook)

Kategori :