Persneling Motor Terasa Keras dan Tidak Nyaman? Cobain Nih Solusinya

Kamis 02-11-2023,14:47 WIB
Reporter : Abdullah Adliyanto
Editor : Priya Satrio

3. Periksa dan Setel Tali Kopling

Cara mengatasi masalah persneling motor keras selanjutnya adalah dengan memeriksa dan menyetel tali kopling pada motor kalian. Pastikan talinya cukup kencang. Jika terlalu kendor, setel ulang agar kembali kencang.

Kemudian jika kalian menemukan karat pada tali kopling, aplikasi sedikit minyak atu oli ke dalamnya. Lalu, kocok tali kopling secara berulang untuk melumasinya dengan baik.

BACA JUGA:Viral Reza Arap Lupa Parkir Motor Hingga 3 Tahun, Total Tagihannya Dua Digit!

4. Terapkan Teknik Perpindahan Persneling Yang Tepat

Sesuai penjelasan sebelumnya, proses perpindahan gigi yang salah atau terlalu keras adalah salah satu penyebab persneling terasa keras, Jadi, pastikan untuk berkendara dengan teknik yang baik.

Sebaiknya, hindari memberi tekanan yang terlalu berlebihan pada tuas persneling motor agar tidak merusak persneling maupun komponen lain yang terkait. Hal ini penting agar proses perpindahan gigi persneling tetap terasa mulus.

5. Panaskan Mesin Motor

Proses pemanasan mesin akan menyebabkan oli meyebar secara merata ke seluruh komponen mesin, termasuk gigi persneling. Hasil, perpindahan gigi persneling motor akan menjadi lebih mudah dan tidak terasa keras.

BACA JUGA:Simak Tips Modif Motor Mio Modal Rp500 Ribu, Dijamin Ganteng!

Jadi, salah satu cara efektif untuk mengatasi gigi persneling yang keras yaitu dengan memanaskan mesin. Lakukan pemanasan mesin minimal 15 menit setiap hari sebelum berkendara.

Selain menerapkan kelima solusi di atas, hal lain yang tidak kalah penting untuk mencegah dan mengatasi masalah persneling motor yang terasa keras adalah dengan servis rutin dan bengkel terpercaya.

Demikian tips supaya persneling motor tidak keras lagi, semoga dapat memebantu kalian dalam memecahkan solusi persneling motor yang keras. (ook)

Kategori :