Balancing Pelek Motor, Seberapa Penting Hal Ini Dilakukan?

Jumat 03-11-2023,19:16 WIB
Reporter : Abdullah Adliyanto
Editor : Priya Satrio

BACA JUGA:Ini Dia 7 Tips Rahasia Merawat Velg Motor Agar Tetap Kinclong

Umumnya, balancing ini dilakukan setiap kendaraan motor telah menempuh perjalanan sepanjang 10 ribu kilometer. Kalian dapat melakukan perawatan ini ketika servis rutin, sehingga kondisi komponen pun dapat diperhatikan dengan lebih detail.

Proses Balancing Pelek

Untuk dapat melakukan balancing pada motor, maka ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu sebagai berikut:

- Melepas Pelek Dan Ban Motor

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu melepaskan pelek dan ban dari motor, sehingga komponen pelek dapat diperiksa lebih lanjut.

BACA JUGA:Daftar Bengkel yang Melayani Konversi Motor Bensin Menjadi Motor Listrik, Pasti Hemat Biaya!

- Pengecekan Dengan Memakai Balancer

Selanjutnya , akan dilakukan pengecekan dengan menggunakan balancer. Sebelum proses pengecekan dimulai, akan diukur terlebih dahulu jarak antara sumbu roda dan pelek. Selain itu, diukur juga diameter dan lebar dari pelek tersebut.

Selanjutnya, pelek akan dipasangkan ke alat tersebut. Dilakukan pemutaran beberapa kali hingga hasil pengukurannya keluar. Dilayar tersebut, akan terbaca hasil pengecekan. Kalian dapat mengetahui bagian mana saja yang perlu diseimbangkan.

- Menambah Lempeng Timah

Melalui balancer,selain mengetahui bagian mana perlu penanganan, kalian juga dapat mengetahui seberapa banyak lempeng timah yang perlu ditambahkan untuk pelek motor.

BACA JUGA:Cukup Rp 250 Ribu Bisa Buat Velg Motor Tampil Baru di Surya Painting 18

Sebagai informasi, penambahan unsur timah ini merupakan dasar dari proses balancing, karena berfungsi unuk membantu memeberikan keseimbangan pada pelek.

Ada berbagai ukuran pecahan lempeng timah yang dapat dilakukan sesuai kebutuhan mulai dari yang berukuran 5 gram sampai 60 gram.

- Memutar Pelek Dan Mengukur Distribusinya

Kategori :