5 Aturan Tak Tertulis yang Wajib kalian Patuhi Saat Berkendara Motor di Jalan Raya

Senin 04-12-2023,13:06 WIB
Reporter : Ade Nugroho
Editor : M. Iksan

3. Tidak Ngobrol dengan Sesama Pengendara Motor di Jalan Raya

Terkadang masih dijumpai dua orang yang masing-masing berkendara dengan motor berbeda, di mana mereka melaju berdampingan sambil ngobrol. Tentu saja hal ini akan memakan tempat atau ruang lebih banyak sehingga dapat mengganggu pengendara yang berada di belakangnya.

Selain itu, dengan berkendara sambil mengobrol akan membuat pengendara kehilangan fokus dan refleks juga berkurang. Jika ingin ngobrol sebaiknya berhenti dulu untuk mencari tempat yang asyik dan nyaman untuk mengobrol.

4. Tidak Memainkan Ponsel saat Berkendara

Melaju di atas kendaraan bermotor membutuhkan konsentrasi dan kewaspadaan yang tinggi. Jika kalian berkendara sambil bermain ponsel, maka sudah pasti konsentrasi dan kewaspadaan kalian akan menurun drastis.

Tentu saja hal ini akan sangat membahayakan kalian dan juga keselamatan pengendara lainnya. Maka dari itu, hentkan kebiasaan memainkan ponsel sambil berkendara demi kebaikan bersama.

BACA JUGA:MotoGP 2024 Peraturan Konsesi Baru, Lemahkan Ducati Untungkan Honda dan Yamaha?

5. Trotoar adalah Hak Bagi Pejalan Kaki

Trotoar disediakan guna mengakomodir kebutuhan para pejalan kaki. Namun pada kenyataannya, masih banyak pengendara motor yang menggunakan jalur trotoar misalnya karena alasan jalan sedang macet.

Tentu saja hal ini sangat merugikan bagi pejalan kaki karena tidak bisa menggunakan haknya dengan nyaman. Padahal jalan raya bukan semata-mata milik para pengendara bermotor.

Di sana juga ada hak para pejalan kaki yang harus dihormati. Sudah sepantasnya saling menghormati dan menghargai dengan pegguna jalan lainnya.

Demikianlah beberapa aturan tidak tertulis yang berlaku di jalan raya. Sebagai pengendara motor yang baik, sudah semestinya kalian mematuhi aturan-aturan tersebut demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Kategori :