Yamaha Tegaskan Istilah NMax Turbo Bukan Buat Turbocharger

Minggu 23-06-2024,08:30 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Ilham

CIBINONG, MOTOREXPERTZ.COM - Skuter premium, Yamaha NMax Turbo baru saja meluncur pada tanggal 12 Juni lalu terbilang viral. Bukan hanya karena motornya yang terbilang laris di pasaran plus banyaknya fitur baru di dalamnya. 

Lebih dari itu, istilah "TURBO" yang dipakai oleh motor matik bermesin 155 cc ini juga mengundang perdebatan di kalangan penggemar otomotuf tanah air. Ada yang senang dengan penggunaan sejumlah fitur baru ini. 

Tapi banyak juga yang menyebut penamaan ini hanya "gimmick" dari Yamaha. Sebab turbo kerap diidentikan sebagai peranti peningkat tenaga turbocharger yang kerap hadir di mobil. 

Meski demikian, hal ini juga disadari oleh pihak Yamaha Indonesia dan menanggapinya. Yaitu lewat kegiatan Media Workshop yang berlangsung pada Jumat (21/6) di Dealer Yamaha Mekar Motor, Cibinong, Jawa Barat.

BACA JUGA:Ternyata Bengkel AHASS Punya Penanganan Berbeda Buat Motor Listrik

BACA JUGA:Mau Cuci Steam Motor Listrik Honda EM1 e:? Perhatikan Hal Ini

Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. menyebutkan jika turbo di Yamaha bukanlah turbocharger. 

"Ini bahasa untuk menyimplekan istilah YECVT. Karena akan sulit untuk menjelaskan secara awam mengenai komponen yang bisa memberikan sensasi tenaga lebih, tapi mudah dipahami oleh khalayak yang lebih luas," ujarnya. 


Yamaha NMax Turbo-Ilham-

Lebih lanjut, istilah turbo sendiri menurutnya sudah identik dengan kecepatan. Bukan lagi merujuk pada komponen di kendaraan. 

"Kalau sebatas penggunaan turbocharger, lalu apa kabar istilah turbo di brand lain?" urainya sembari menyebut produk provider seluler, bensin hingga mobil listrik berembel-embel turbo. 

BACA JUGA:Yamaha NMax Turbo Butuh Komponen Khusus Buat Bongkar Kiriannya

BACA JUGA:YECVT di Yamaha NMax Turbo Beda Sama YCC-AT di Yamaha Majesty 250, Lebih Indonesia

Ini karena menurut Anton, semua yang memakai istilah Turbo untuk menunjukan performa lebih. Bukan sekadar memasang perangkat turbocharger. 

Sebagai catatan, komponen turbocharger ini berbentuk seperti rumah keong yang tertanam di bagian mesin mobil. Fungsinya memampatkan udara yang dipaksa masuk ke ruang bakar untuk membuat tenaga mobil menjadi lebih besar, meski volume mesinnya kecil. 

Kategori :