Minta Stut Motor Tapi Berakhir Miris. Waspada Modus Kejahatan Baru

Selasa 25-06-2024,14:00 WIB
Reporter : Bima Tama
Editor : Ilham

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Kejahatan di jalan semakin beragam dan pengendara sepeda motor harus lebih waspada.  Modus kejahatan tidak selalu menggunakan kekerasan, seperti kasus viral yang baru-baru ini terjadi di media sosial.

 

Seorang pengendara motor berniat baik untuk membantu orang yang mengalami mogok dengan menyetut motor orang lain menggunakan kakinya.

 

Namun, ketika di lampu merah, pelaku meminta tukeran motor dengan alasan agar dapat menyetut lebih cepat, namun malah membawa kabur motor korban. Modus kejahatan seperti ini memang mungkin terbilang baru, namun konsepnya sebenarnya sering terjadi.

Hal ini mirip dengan orang-orang yang pura-pura ingin mencoba motor saat akan membeli motor bekas tetapi kemudian kabur.

 

BACA JUGA:Profil Ambar Widodo, Maju Sebagai Calon Presiden Royal Riders Indonesia 2024-2026

 

BACA JUGA:Perawatan YECVT Yamaha NMax Turbo Sebaiknya Tiap Berapa KM?

 

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving (JDDC) menyatakan bahwa pola kejahatan seperti ini sudah sering terjadi dan cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menjadi lebih selektif dalam memberikan bantuan kepada orang lain. Korban sering kali terlalu percaya dan terlalu positif terhadap orang lain, yang akhirnya membuat mereka menjadi korban kejahatan.

 

Kejahatan tidak hanya terjadi karena niat pelaku, tetapi juga karena ada kesempatan.   Oleh karena itu, pengendara sepeda motor harus selalu waspada dan siaga terhadap lingkungan sekitar. 

 

Waspada terhadap orang asing yang meminta bantuan atau menawarkan bantuan adalah hal yang wajar, dan lebih baik untuk bersikap hati-hati dan menolak daripada menyesal kemudian.

 

BACA JUGA:Minerva Electron XC-7 Series Hadir di PRJ 2024, Rp 29 Jutaan Punya Mode Turbo!

 

BACA JUGA:Bahaya Cuci Motor Dalam Keaadan Mesin Masih Panas, Dapat Berisiko Fatal!

Kita semua harus mengerti bahwa keamanan dan keselamatan diri sendiri merupakan hal yang utama.

Tetap waspada, bijak, dan selektif dalam situasi apapun akan membantu kita untuk menghindari menjadi korban kejahatan.

 

Jadi, mari kita semua bersama-sama meningkatkan kesadaran akan keamanan diri dan lingkungan agar kita dapat melindungi diri serta orang-orang terdekat dari modus kejahatan yang semakin beragam dan canggih.

Semoga semua bisa tetap aman dan terhindar dari kejahatan di jalan raya.

Kategori :