WorldSBK Indonesia Gak Ada Lagi, Ini Kata MGPA

Selasa 25-06-2024,14:20 WIB
Reporter : Prasuda Mega
Editor : Ilham

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Untuk pertama kalinya sejak 2021 paddock WorldSBK tidak akan mampir ke Mandalika pada tahun 2024.

Akibatnya, World Superbike kehilangan satu-satunya putaran di Asia, dengan kejuaraan musim ini langsung menuju Eropa setelah putaran pembuka di Phillip Island pada akhir Februari lalu.

Tampaknya, WorldSBK tidak akan kembali ke Mandalika dalam waktu dekat.

Hal ini dikonfirmasi oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA) yang sebelumnya telah menggelar tiga edisi WorldSBK Indonesia.

BACA JUGA:Mantap! Fadillah Arbi Aditama Bawa Pulang Poin di JuniorGP Portugal 2024

BACA JUGA:Marco Bezzecchi Resmi Gabung Aprilia Racing!

MGPA memutuskan untuk menghentikan kerja sama dalam menggelar balapan WorldSBK di Mandalika, dan memilih fokus ke MotoGP serta Asia Road Racing Championship (ARRC) sebagai ajang balap motor utama di Lombok.

"WSBK di Mandalika sudah kita berhentikan kerjasamanya. Ke depannya ajang internasional yang ada adalah MotoGP dan ARRC untuk roda dua," ungkap CEO MGPA, Priandhi Satria.

Priandhi menjelaskan bahwa alasan utama berhentinya gelaran WorldSBK di Indonesia adalah karena market penggemar WorldSBK di Indonesia tidak sebesar MotoGP.

"Setelah 2023, diputuskan oleh pemerintah bahwa WorldSBK tidak akan diambil lagi karena marketnya tidak ada di Indonesia. Di Asia juga tidak ada yang hosting WorldSBK, paling dekat di Australia. Berat bagi kami untuk menanggung pembiayaan WorldSBK di mana marketnya juga tidak sebesar MotoGP," jelas Priandhi.

BACA JUGA:MotoGP vs WSBK: Bedanya Apa Aja Sih?

BACA JUGA:Minerva Electron XC-7 Series Hadir di PRJ 2024, Rp 29 Jutaan Punya Mode Turbo!

WorldSBK Indonesia adalah ajang balap pertama yang digelar di Mandalika pada akhir musim 2021, dengan Toprak Razgatlioglu meraih gelar pertamanya di pulau Lombok.

Pada 2022, Mandalika kembali menjadi penentu gelar WorldSBK, kali ini diraih oleh Alvaro Bautista dari Ducati meski Razgatlioglu menyapu bersih tiga balapan di akhir pekan tersebut.

Untuk musim 2023, Mandalika digeser ke awal tahun sebagai putaran kedua setelah Australia.

Kategori :