Free Practice MotoGP Jerman Panas! Maverick Vinales Pecahkan Rekor Meski Red Flag

Sabtu 06-07-2024,08:40 WIB
Reporter : Prasuda Mega
Editor : Ilham

JAKARTA,  MOTOREXPERTZ.COM - Pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales, tampil menyengat dalam sesi Practice yang sempat dihentikan lantaran kecelakaan highside Marc Marquez di Sachsenring.

Dalam 60 menit yang penuh ketegangan, setidaknya sepuluh pembalap MotoGP terjatuh saat menjalani Practice untuk Liqui Moly Motorrad Grand Prix Jerman pada Jumat, 5 Juli 2024.

Meski dihiasi kibaran bendera merah, Vinales tetap melaju kencang dan mencatat waktu 1:19,622, yang merupakan rekor lap baru. Di posisi kedua, pemuncak klasemen Kejuaraan Dunia Jorge Martin (Prima Pramac Racing) mengekor, sementara Miguel Oliveira (Trackhouse Racing) mengamankan tempat ketiga.

Awal sesi dibuka dengan insiden Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46 Racing Team) di Tikungan 11. Tak lama kemudian, Marc Marquez terpelanting setelah mengalami highside di tikungan yang sama.

BACA JUGA:Crosser Binaan AHM Akan Tampil Lagi di MXGP Lombok 2024

BACA JUGA:Target Jorge Martin di Sachsenring Pekan Ini, Kalahkan Bagnaia dan Marquez

Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46 Racing Team) juga terjatuh di Tikungan 1, memaksa Marshal mengibarkan Red Flag karena motornya menghantam air-fence yang perlu perbaikan.

Setelah menunggu sekitar 20 menit, sesi dilanjutkan dan Marquez langsung turun ke lintasan, memuncaki timesheet sebelum memutuskan ke Medical Centre untuk pemeriksaan medis.

Di pertengahan Practice, Alex Marquez (Gresini Racing MotoGP) sempat merebut posisi teratas, namun Vinales kembali memimpin dengan torehan 1:19,622 hingga akhir sesi. Perebutan Q2 berlangsung sengit, dengan Martin memastikan diri lolos otomatis bersama Oliveira setelah menembus tiga besar.

Alex Marquez akhirnya menempati urutan keempat, diikuti Juara Dunia bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team). Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team) juga berhasil melaju ke Q2 meski sempat terjatuh di Tikungan 11.

BACA JUGA:Bos HRC Optimis Setelah Uji Coba WSBK di Barcelona

BACA JUGA:MotoE Makin Panas, 4 Pembalap Hanya Terpisah 11 Poin!

Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing) mengklaim posisi ketujuh, diikuti debutan Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech3) yang juga sempat tersungkur di Tikungan 1.

Fabio Di Giannantonio, meski terjatuh, berhasil menempati urutan kesembilan, dan Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) melengkapi sepuluh besar.

Marc Marquez menutup Practice di posisi ke-13 dan harus berjuang di Q1. Meskipun demikian, hasil pemeriksaan medis menyatakan Marquez fit untuk melanjutkan balapan.

Kategori :