Kawasaki KLX230 Versi Model Year 2024 Punya Banyak Ubahan di Mesin dan Rangka Lho

Rabu 17-07-2024,10:00 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Ilham

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Kawasaki KLX230 Versi Model Year 2024 ternyata memiliki perbedaan cukup signifikan di sektor mesin dan rangka. Hal ini yang dijelaskan oleh pihak PT Kawasaki Motor Indonesia beberapa waktu lalu.

“Penyempurnaan product terbaru ini KMI dapatkan melalui saran dan masukan dari konsumen," ucap Michael C. Tanadhi selaku Head Sales & Promotion PT KMI.

Ubahan mesin yang dilakukan diantaranya pada port intake yang lebih sempit dan katup intake yang lebih kecil (dari ø37 mm ke ø33 mm). Keduanya berkontribusi pada peningkatan performa pada kisaran putaran rendah-menengah.

Lalu box filter udara yang lebih kecil mengakomodasi subframe belakang bagian bawah, namun tetap memastikan ruang yang cukup untuk asupan udara. Pengaturan ECU yang telah diperbaharui agar sesuai dengan peningkatan low-mid range pada torsi

BACA JUGA:Honda CRF1100L Africa Twin 2024 Resmi Meluncur, Ini Sentuhan Baru Idaman Petualang

BACA JUGA:Ratusan Yamaha NMAX Turbo Telah Sampai ke Konsumen di Jawa Tengah & Yogyakarta

Di area rangka, ada perubahan pada subframe belakang yang didesain ulang untuk mengakomodasi filter box yang lebih ramping. 

Selain itu, Kawasaki juga memberikan banyak keunggulan seperti peningkatan pada travel wheel, jok yang lebih rendah namun lebih tebal, sehingga meningkatkan handling dan kenyamanan pada saat berkendara.

Subframe belakang yang didesain ulang bertujuan untuk peningkatan travel pada roda depan dan belakang guna meningkatkan kinerja pada saat offroad.

Untuk tipe KLX230SE perubahan ini dapat meningkatkan travel pada roda belakang namun juga memberikan kenyamanan ekstra dengan penggunaan jok baru yang lebih tebal namun tinggi jok yang lebih pendek (885 mm >> 875 mm).

BACA JUGA:Wahana Honda Jual Lebih dari 7.000 Unit di PRJ 2024

BACA JUGA:Ducati DesertX Discovery Jadi Tipe Terkomplet, Cocok Lawan BMW GS

Perbedaan Rake di versi 2023 yang 26,7 derajat kini maju ke 26,9 derajat. Dan pada trail di 2024 lebih besar 1 mm, dari 110 mm menjadi 111 mm.

Ketinggian jok yang lebih rendah namun lebih nyaman serta membuat jangkauan yang jauh lebih nyaman ke tanah (845 mm jadi 840 mm). Sudut putar yang lebih kecil berkontribusi pada handling yang lebih ringan

Jarak sumbu roda yang pendek (1.375 mm menjadi 1.365 mm) berkontribusi pada pengendalian motor yang mudah pada saat bermanuver.

Kategori :