Mengenal Fungsi Aki di Motor, Ternyata Banyak Lho

Senin 05-08-2024,16:20 WIB
Reporter : Bayu Saputra
Editor : Ilham

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -  Aki motor, atau disebut juga baterai, adalah alat yang ada dalam setiap motor yang mengandung arus listrik dan digunakan untuk menyuplai daya listrik ke berbagai komponen motor, seperti lampu, klakson, dan sistem starter elektrik. 

Berikut adalah beberapa fungsi aki motor :

1. Menyimpan daya listrik: Aki motor berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang akan digunakan oleh berbagai komponen motor, seperti lampu, klakson, dan sistem starter elektrik.

2. Mengalirkan listrik. Aki motor mengalirkan listrik ke berbagai komponen motor yang membutuhkan energi listrik untuk bekerja.

BACA JUGA:Brivio Effect, Trackhouse Racing Ngegas Pakai Livery Suzuki di MotoGP

BACA JUGA:Serunya Ekshibisi Motor #MotoGP75 di Silverstone

3. Menstabilkan tegangan. Aki motor berfungsi sebagai stabilisator tegangan untuk mencegah kerusakan pada komponen motor akibat tegangan yang terlalu besar.

4. Mendukung sistem injeksi. Pada motor injeksi, aki motor memiliki peran penting dalam menunjang kinerja komponen lain seperti ECU, injector dan fuel pump.

 

5. Membantu sirkulasi tegangan. Aki motor berfungsi sebagai pengisi daya regulator dan alternator yang menciptakan sirkulasi dalam menjaga   kelistrikan sepeda motor.

Kategori :