Yuk, Cek 5 Perbedaan Blue Core dan Blue Core Hybrid

Senin 05-08-2024,17:00 WIB
Reporter : Bayu Saputra
Editor : Ilham

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -  Blue Core Hybrid adalah teknologi mesin hibrida yang dikembangkan oleh Yamaha dengan menggabungkan teknologi mesin Blue Core dengan motor listrik.

Teknologi ini perdana hadir lewat model Yamaha Fazzio pada tahun 2022 lalu. Kemudian mulai dibenamkan ke varian Yamaha Grand Filano, yang sama-sama dari kategori Classy Yamaha.

Mesin Blue Core Hybrid memiliki daya torsi yang lebih besar daripada  mesin Blue Core konvensional, namun juga lebih kompleks dan memerlukan perawatan yang lebih intensif.

Karena gabungan sistem mesin bensin dan  motor listrik, Blue Core Hybrid juga memiliki efisiensi  bahan bakar yang lebih baik daripada mesin Blue Core konvensional.

BACA JUGA:Sikat Habis Pulau Jawa, Bikers NMAX Turbo Tiba Di Bali

Berikut adalah perbedaan utama antara teknologi Blue Core dan Blue Core Hybrid dari beberapa aspek :

1. Sistem Penggerak

• Blue Core: Mesin bensin konvensional. 

• Blue Core Hybrid: Gabungan mesin bensin Blue Core dan motor listrik dari generatornya.

BACA JUGA:FP1 Silverstone: Jorge Martin Bikin Duo Aprilia Kedodoran

2. Komponen

• Blue Core Hybrid memiliki komponen tambahan yaitu Starter Generator Control Unit (SGCU) yang mengatur kerja motor listrik, dan Electric Power Assist Start yang memberikan tenaga tambahan selama 3 detik saat akselerasi.


Yamaha Grand Filano-Yamaha-

3. Cara Kerja

• Blue Core Hybrid memanfaatkan tenaga listrik untuk membantu tenaga  mesin bensin selama 3 detik pertama akselerasi, sehingga akselerasi lebih halus dan bertenaga.

Kategori :