ALVA Tegaskan Fokus Kemandirian Pengembangan Motor Listrik di Indonesia

Senin 05-08-2024,18:00 WIB
Reporter : Ilham
Editor : Ilham

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM – Pasar motor listrik yang semakin berkembang di Indonesia juga dialami oleh pemain lokal seperti ALVA.

Untuk itu, kemandirian dalam pengembangan motor listrik yang berkualitas juga harus menjadi fokus yang mereka hadapi. Hal ini yang dijabarkan pihak ALVA dalam ajang Automotive Electrical Indonesia Summit (AEIS) 2024 belum lama ini. 

Mewakili ALVA, Rahmat Septriwan, Chief Operation Officer ALVA, turut berpartisipasi sebagai pembicara dan panelis dalam diskusi visioner bagi masa depan industri kendaraan listrik di Indonesia.

Rahmat Septriwan membawakan presentasi bertajuk "Local Development and Sourcing of a Premium E2W EV" yang berfokus pada pengembangan dan penyediaan lokal kendaraan listrik roda dua premium. 

BACA JUGA:Gokil! Motor Listrik POLYTRON Berani Adu Kebut di Arena Drag Bike

BACA JUGA:Sebelum Membeli, Kenali 6 Faktor Dalam Memilih Ban Motor

Tema ini sejalan dengan diskusi utama dalam AEIS 2024 yaitu, "How to set up the local supply chain of EV industry in Indonesia," "How E2W local manufacturing ensure the supply chain setting up in Indonesia," dan "Will standardization of infrastructure, Battery, component in Indonesia be a must choice?".

Dalam panel diskusi tersebut, Rahmat menjelaskan pentingnya membangun rantai pasok lokal yang kuat untuk industri kendaraan listrik di Indonesia. 

Beliau menekankan bahwa dengan memanfaatkan sumber daya lokal dan meningkatkan kemampuan manufaktur dalam negeri, Indonesia dapat mencapai kemandirian industri yang lebih baik serta mengurangi ketergantungan pada impor. 

Rahmat juga memaparkan langkah-langkah yang telah diambil oleh ALVA dalam memastikan kualitas dan keberlanjutan kendaraan listrik roda dua (E2W) yang dikembangkan dan diproduksi di Indonesia. 

BACA JUGA:Mengenal Teknologi Mesin Blue Core Pada Motor Matic Yamaha

BACA JUGA:Silverstone Dikuasai Enea Bastianini, Double Win!

Ini termasuk kolaborasi dengan berbagai pihak lokal untuk pengembangan komponen utama, serta implementasi proses standar yang ketat untuk memastikan produk yang dihasilkan memenuhi standar internasional. 

"Kami di ALVA berkomitmen untuk tidak hanya memproduksi kendaraan listrik berkualitas tinggi, tetapi juga untuk mendukung industri lokal melalui kemitraan yang erat," kata Rahmat.

Selain itu, dirinya juga menyoroti bagaimana standar infrastruktur, baterai, dan komponen yang tepat akan menjadi kunci dalam memastikan keberlanjutan dan efisiensi rantai pasok di Indonesia. 

Kategori :