ECU Motor Rusak Ternyata Masih Bisa Diperbaiki Lho

Rabu 07-08-2024,11:00 WIB
Reporter : Bayu Saputra
Editor : Ilham

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -  Fungsi ECU di motor injeksi terbilang sangat penting. Sebab peranti inilah yang menjadi otaknya motor.

Tapi kadang kala, ada kondisi yang membuat ECU rusak. Meski begitu, umumnya masih bisa diperbaiki, tergantung jenis dan tingkat kerusakannya.

Kerusakan ECU motor ringan hingga sedang masih bisa diperbaiki dengan biaya terjangkau asalkan dilakukan di bengkel yang tepat.

Namun jika kerusakan parah, terkadang lebih baik mengganti ECU baru.

BACA JUGA:Coating Helm Bikin Lebih Awet dan Tampil Kinclong

BACA JUGA:Begini Cara Pakai Google Maps Biar Gak Masuk Gang Sempit saat Naik Motor

Berikut beberapa poin penting sebelum memutuskan melakukan perbaikan Ecu :

• Kerusakan ringan pada ECU seperti konektor longgar atau kotor, kabel putus, atau settingan default ECU bermasalah, masih bisa diperbaiki sendiri.

• Untuk kerusakan sedang hingga berat seperti sirkuit terbakar, komponen rusak, atau IC controller error, disarankan dibawa ke bengkel spesialis ECU untuk diperiksa dan diperbaiki.

BACA JUGA:Tiga Pilihan Motor Matic Keren untuk Bradsis yang Mau Liburan ke Pantai, Cocok Buat Jalan Jauh!

BACA JUGA:Mengenal Fungsi Y-Connect Yamaha Serta Komponen di Dalamnya

• Biaya perbaikan ECU di bengkel resmi biasanya sekitar Rp 600 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jenis kerusakannya. Beberapa bengkel menawarkan jasa perbaikan dan penjualan ECU bekas.

• Jika kerusakan sudah parah dan meluas hingga ke bagian vital ECU, terkadang lebih disarankan untuk mengganti ECU baru, karena perbaikan tidak ekonomis dan tidak menjamin ECU bisa berfungsi normal kembali.

Kategori :