Mengenal Ban Motor Lebih Dalam, Mulai Jenis Hingga Peruntukannya

Sabtu 24-08-2024,10:00 WIB
Reporter : Bayu Saputra
Editor : Ilham

BACA JUGA:Yamaha NMax Turbo Mulai Diserahkan Untuk Konsumen Pertama di Sumatera

Ukuran 

Ukuran ban tentu tidak sama, semua tergantung dari pelek yang dipakai. Namun standard ukuran ban adalah 70/90-14 dan 80/90-14 untuk motor Yamaha Mio Series atau matic Honda biasanya 80/90-14 dan 90/90-14. 

Tahun Pembuatan Ban

Untuk melihat tahun pembuatan bisa melihat kode pada ban umumnya kode tersebut misalnya 1014 mempunyai arti 10 merupakan minggu ke 10 dan 14 adalah angka dari tahun.

Perawatan Ban

Kita berada di iklim tropis kemungkinan besar suhu pada aspal relatif berubah-ubah. Ban import belum bisa menjamin dengan keadaan dan kondisi iklim yang di Indonesia, pada umumnya ban di pasaran khususnya wilayah Indonesia mempunyai tingkat keawetan cenderung lebih singkat. 

BACA JUGA:Begini Cara Daftar Driver Lalamove, Boleh Pakai Motor dan Berpotensi Dapat Rp21 Juta Sebulan!

Tentukan Jenis Jalan yang Biasa Dilalui

Kondisi jalanan yang sering dilalui perlu dipertimbangkan sebelum memilih ban. Jika penggunaan sebagian besar di dalam kota dengan jalanan yang relatif kering, dapat menggunakan ban harian kering.

Tetapi jika penggunaan motor kebanyakan  di daerah pegunungan atau di kota dengan curah hujan tinggi, sehingga jalanan sering basah, lebih aman jika menggunakan ban dual purpose. Namun, jika sering melewati jalanan tidak rata dan belum diaspal, lebih baik menggunakan ban off road.

Kategori :