WorldSBK 2024 Semakin Sengit, Yamaha Tetap Waspada!

Jumat 30-08-2024,08:00 WIB
Reporter : Prasuda Mega
Editor : Ilham Pratama

JAKARTA, MOTOREXERTZ.COM - Sebagai manajer tim profesional paling berpengalaman di WorldSBK, Paul Denning melihat perjalanan musim 2024 ini dengan mata yang tajam.

Setelah menjadi juara pada 2021 dan memenangkan lebih dari 20 balapan dalam dua musim terakhir, musim 2024 ini mungkin tidak berjalan sesuai harapan bos tim Pata Prometeon Yamaha tersebut. Denning langsung menyoroti betapa kompetitifnya WorldSBK di 2024:

“Pertama-tama, WorldSBK sebagai platform balap lebih intens dari sebelumnya. Perbedaannya sangat besar dibandingkan tahun lalu. Jika performa atau kenyamanan pembalap sedikit kurang, hasilnya bisa jatuh ke P10 dalam latihan atau balapan, bukan P4 atau P5. Kami memang lebih cepat dengan ‘Loka’ tahun ini, tetapi beberapa insiden tak terduga, seperti kecelakaan di Phillip Island, bisa membuat perbedaan besar. Menang dalam satu balapan bisa menjadi pemicu banyak hal lain."

Mengenai Jonathan Rea, Denning mengakui bahwa harapan besar yang dibawa sang juara dunia enam kali saat pindah ke Yamaha belum membuahkan hasil yang memuaskan.

BACA JUGA:Ini Dia Konsumen Pertama Yamaha NMAX Turbo di Yogyakarta

BACA JUGA:Hanya 6 Bulan Pelanggan BEAM Solo Naik 10 Kali Lipat

"Dengan JR, banyak harapan dan antusiasme, tapi sayangnya musim ini belum berjalan sesuai rencana. Ada banyak masalah teknis dan kecelakaan yang membatasi performanya. Namun, kami mulai melihat perkembangan. Dia mulai memahami bagaimana memaksimalkan potensi R1, dan tim juga semakin memahami apa yang dia butuhkan."

Denning juga menyoroti bahwa meskipun motor Yamaha telah mengalami peningkatan yang signifikan, persaingan di WorldSBK tahun ini jauh lebih ketat.

“Paket motor kami lebih baik dari tahun lalu, tetapi fakta bahwa kami tidak berada di posisi yang sama di klasemen menunjukkan betapa kuatnya persaingan. Banyak pembalap dan tim lain yang juga mengalami peningkatan besar. Tapi, Yamaha tidak tinggal diam. Kami terus bekerja keras untuk meningkatkan motor.”

Denning menutup dengan mengatakan bahwa meski targetnya terlihat sederhana, memenangkan satu balapan sebelum akhir tahun akan menjadi hasil yang luar biasa bagi tim.

BACA JUGA:Ini Dia Konsumen Pertama Yamaha NMAX Turbo di Yogyakarta

"Jika kami bisa memenangkan satu balapan sebelum akhir tahun, itu akan menjadi hasil yang spektakuler, mengingat posisi kami saat ini setelah tujuh putaran. Yang membuat kami puas adalah peningkatan terus-menerus di kedua sisi garasi, terutama memberikan JR paket yang bisa bersaing di depan, yang memang merupakan posisinya."

Kategori :