Yamaha VMAX Legenda Cruiser Ganas yang Kini Berakhir di Indonesia

Jumat 30-08-2024,18:00 WIB
Reporter : Prasuda Mega
Editor : Ilham Pratama

JAKARTA, MOTOREXERTZ.COM - Yamaha VMAX adalah salah satu motor legendaris dari Yamaha yang terkenal dengan performanya yang luar biasa untuk ukuran sebuah cruiser.

Pertama kali dirilis pada tahun 1985, VMAX langsung menjadi perbincangan karena mesinnya yang besar dan bertenaga. Mengusung mesin 1.198cc, V4, DOHC, dengan 4 katup per silinder, motor ini mampu menghasilkan tenaga hingga 145.5 hp pada 8.500 rpm, dan torsi sebesar 83,10 Nm di 6.000 rpm.

Meski masih menggunakan karburator tenaga buas dari VMAX disalurkan melalui transmisi 5 percepatan, membuat motor ini dikenal dengan akselerasinya yang cepat.

Namun, VMAX generasi awal juga memiliki beberapa kekurangan, terutama pada sasisnya yang membuat motor sulit dikendalikan. Selain itu, suspensinya dinilai terlalu empuk, sehingga kurang stabil saat dikendarai.

BACA JUGA:Ada Penampakan CFMOTO 150SC di Ancol, Siap Saingi PCX dan NMax Turbo!

BACA JUGA:Yamaha R25 Owners Indonesia (YROI) Rayakan Ultah Satu Dekade di Yogyakarta

Menariknya, Yamaha VMAX lahir dari inspirasi balapan drag bike yang dilihat langsung oleh Akira Akari, pemimpin proyek Yamaha Venture Royale, di New Orleans, Amerika Serikat.

Akari kemudian menciptakan desain VMAX setelah mengurung diri selama sebulan di kantor desain Yamaha di Santa Monica, AS. Motor ini akhirnya dirilis pada tahun 1985 dan didesain oleh Atsushi Ichijo, Ed Burke, dan John Reed.

Generasi pertama VMAX berakhir pada tahun 2003, namun Yamaha tidak berhenti di situ. Pada Tokyo Motor Show 2005, mereka memperkenalkan prototipe VMAX generasi baru dengan mesin dan sasis yang lebih modern.

Salah satu teknologi unik yang digunakan pada VMAX antara tahun 1991 hingga 2023 adalah sistem V-Boost, yang menggunakan motor servo untuk membuka semua katup sekaligus pada putaran 4.000 rpm ke atas, menghasilkan ledakan tenaga tambahan yang signifikan.

BACA JUGA:Motor Matic Kawasaki Brusky 125 Resmi Dirilis, Jadi Pesaing Honda Vario 125!

Generasi kedua VMAX hadir dengan banyak perbaikan, terutama pada rangka dan suspensinya. Mesin juga mengalami peningkatan signifikan dengan kapasitas melonjak menjadi 1.679cc, menghasilkan tenaga hingga 200 hp.

Kepopuleran VMAX di Amerika Serikat dan Eropa membuat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memboyongnya ke Indonesia pada tahun 2013.

Meski hanya tersedia dalam satu warna, Power Black, motor ini tetap menonjol dengan desain kekar dan detail bodi yang eksklusif.

Kategori :