Kecil Sih, Tapi Ada 4 Fungsi Jalu Pada Setang Motor yang Jarang diketahui, Salah Satunya Melindungi Bagian ini...

Rabu 04-09-2024,12:04 WIB
Reporter : Bayu Saputra
Editor : T. Sucipto

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Ada sebuah komponen kecil dipasang di ujung kiri dan kanan setang sepeda motor, yes.. sering disebut namanya jalu setang.

Komponen yang masuk ke dalam part aksesori ini, biasa juga disebut dengan bar-end.

Meski bentuknya kecil nan imut, tetapi jalu setang memiliki fungsi yang cukup besar, yaitu diandalkan sebagai penyeimbang motor.

Di pasaran aksesori motor, produk ini cukup banyak dijual dan sudah menjadi parts opsional yang banyak dipakai motormania. 

BACA JUGA:Tur Boemi 2024 etape 7 : NMax Turbo Tancap Gass terus , Padang - Jambi

BACA JUGA:Jangan Asal! Isi Tekanan Angin Ban Tiap Motor Berbeda, Bradsis! Cek Daftar Lengkapnya di Sini

Manfaat lain,  "Jalu setang juga berfungsi untuk mengurangi getaran yang muncul pada setang kemudi sepeda motor, bro!" tegas Antok, pemilik toko aksesori motor Cahaya Variasi Motor di Jl. Ciledug Raya, Ciledug, Tangerang.

Sebaliknya, ketika jalu setang dilepas, akan terasa getaran pada sepeda motor menjadi lebih kencang. "Apalagi kalo motor yang dikemudikan adalah tipe sport," sambung Antok. 

Terus, apa lagi sih, fungsi dari jalu setang di motor? Eitt, sabar... buat tambahan wawasan dan pemahaman bradsis soal bar-end ini, simak di bawah ini:

BACA JUGA:Bangkit! Pasca Puasa Kemenangan Selama 1.043 Hari, Marc Marquez Juara di MotoGP Aragon, Selisih Waktunya Cuma Segini?

BACA JUGA:Serius? Kepala Busi Motor Menghitam, Berarti Harus Ganti Busi Baru? Cek Faktanya di Sini

1. Mendukung Kenyamanan Berkendara

Prinsipnya, keberadaan jalu setang  pada motor adalah untuk meredam getaran pada sepeda motor, terutama getaran yang disalurkan dari hasil kerja suspensi dan  roda.

Tentu hal ini bikin kurang nyaman, ketika getaran dari kemudi ini tidak mampu diredam dengan baik.

Nah, dalam kondisi seperti itu, aliran darah ke tangan dan jari pengemudi menjadi tidak menentu.

Kategori :