Tips Berkendara Secara Berkelompok Supaya Lebih Have Fun dan Santai di Jalan

Kamis 09-11-2023,11:33 WIB
Reporter : Bima Tama
Editor : Priya Satrio

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Ketika akhir tahun tiba, banyak masyarakat yang memilih untuk menghabiskan liburan dengan melakukan perjalanan jarak jauh atau turing.

Namun, dengan kondisi cuaca yang tidak mendukung saat ini, tentunya perjalanan turing harus dilakukan dengan persiapan khusus agar aman dan nyaman. Setiap pengguna jalan memiliki hak yang sama.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami aturan dan etika saat berkendara dalam kelompok.

BACA JUGA:Safety Riding, Tips Buat Brodist Berkendara Aman Saat Touring di Jalan

Dengan mematuhi aturan dan etika ini, kegiatan berkendara akan menjadi lebih aman, kita dapat sampai di tujuan dengan selamat, dan tetap menjaga ketertiban di sepanjang perjalanan.

Berikut adalah beberapa tips berkendara kelompok yang aman dan nyaman bagi pecinta sepeda motor, yang terbagi menjadi 3 tahap pengecekan.

Sebelum Perjalanan

Sebelum memulai perjalanan kelompok, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dibahas bersama para peserta agar perjalanan tetap aman dan menyenangkan:

1. Susun rencana perjalanan dengan baik

Rencana perjalanan harus mencakup detail seperti jam keberangkatan, titik istirahat, lokasi pengisian bahan bakar, tempat makan, dan destinasi pemberhentian yang akan dituju.

2. Tentukan pembagian tugas antar anggota kelompok

Misalnya, siapa yang akan menjadi pemimpin rombongan, siapa yang akan menjadi sweeper, siapa yang akan menyediakan konsumsi, serta siapa yang memikul tanggung jawab akomodasi.

Dengan adanya pembagian tugas ini, proses koordinasi saat berkendara akan menjadi efektif dan jelas.

BACA JUGA:Halo Ladies, Sebelum Touring Jarak Jauh Pastikan untuk Pelajari Tips Ini!

3. Pastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan prima dengan melakukan servis kendaraan setiap anggota minimal satu hari sebelum perjalanan dilaksanakan.

Kategori :