Tips Berkendara Secara Berkelompok Supaya Lebih Have Fun dan Santai di Jalan

Kamis 09-11-2023,11:33 WIB
Reporter : Bima Tama
Editor : Priya Satrio

4. Lakukan briefing bersama rombongan mengenai hal-hal yang perlu disiapkan dan dilakukan, seperti menjaga daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup, membawa surat dan dokumen yang diperlukan selama perjalanan, mengikuti peraturan saat berkendara, serta membawa barang pribadi seperti gadget dan obat-obatan yang diperlukan.

BACA JUGA:Suka Touring? Ini Tips Touring Dengan Motor Matic!

Saat Perjalanan

Ketika sedang dalam perjalanan, setiap anggota kelompok harus mematuhi kesepakatan tim yang telah ditetapkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

1. Jangan melakukan aktivitas yang melanggar peraturan lalu lintas atau mengganggu hak pengguna jalan lainnya, seperti dengan menutup/memblokade jalan agar kelompok kendaraan dapat melintas dengan lancar.

2. Selalu mengikuti arahan pemimpin rombongan dan sweeper saat berkendara.

3. Hindari melakukan aktivitas berbahaya atau berkendara dengan arogan.

BACA JUGA:Simak Cara yang Benar Dalam Memilih Jenis Helm untuk Touring

Setiap pengguna jalan memiliki hak yang sama, baik saat berkendara dalam kelompok maupun secara individu.

4. Jangan menggunakan alat komunikasi elektronik saat berkendara, karena hal ini dapat mengurangi konsentrasi. Gunakan komunikasi sesuai kebutuhan atau hanya dalam situasi darurat.

5. Lakukan istirahat setiap 2 jam untuk keamanan dan selalu jaga cairan tubuh untuk menjaga konsentrasi. Selalu prioritaskan keselamatan.

BACA JUGA: 7 Destinasi Wajib saat Touring Motor yang Bikin Hati Berdecak Kagum

Setelah Perjalanan

Setelah selesai berkendara secara berkelompok dan mencapai lokasi yang dituju, setiap anggota kelompok dapat melakukan pemeriksaan fisik baik pada diri sendiri maupun kondisi peserta lainnya.

Selain itu, periksa juga kondisi kendaraan untuk memastikan bahwa kendaraan masih dalam keadaan prima untuk digunakan kembali.

Dengan mematuhi tips-tips di atas, kita dapat menjalani perjalanan turing dengan aman dan nyaman.

Kategori :