Kenali Jenis-Jenis Oli di Motor, Bukan Cuma Mesin Lho

Sabtu 25-05-2024,14:00 WIB
Reporter : Prasuda Mega
Editor : Ilham

Perbedaannya, oli mineral terbuat dari bahan dasar minyak alam mentah dan biasanya lebih terjangkau harganya, sementara oli sintetis menggunakan bahan kimia untuk menciptakan struktur molekul yang lebih stabil dan tahan terhadap suhu tinggi. 

BACA JUGA:Asyik, Ducati Monster Senna Edition 2024 Bisa Dipesan di Indonesia

Sementara itu, oli semi sintetis merupakan kombinasi dari oli mineral dan sintetis, yang menawarkan performa yang lebih baik daripada oli mineral biasa namun dengan harga yang lebih terjangkau daripada oli sintetis.

Penting untuk memilih jenis oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan mesin motor bradsis untuk memastikan kinerja yang optimal. Hal ini bisa dilihat dari standar kekentalan SAE dan JASO.

Oli Transmisi

Oli transmisi adalah jenis oli yang digunakan untuk melumasi komponen dalam sistem transmisi motor, khsusunya matik.

Oli transmisi memiliki peran penting dalam menjaga kinerja transmisi dan mencegah gesekan berlebihan yang dapat merusak komponen.

BACA JUGA:Begini Detail Spesifikasi Ducati Monster Senna Edition 2024

Terdapat berbagai jenis oli transmisi yang digunakan pada motor.

Oli transmisi manual biasanya memiliki viskositas yang lebih tinggi daripada oli transmisi otomatis untuk menangani beban yang lebih berat pada gigi-gigi transmisi manual.

Pemilihan oli transmisi yang sesuai dengan spesifikasi motor sangat penting untuk menjaga kinerja transmisi yang optimal.

Pastikan untuk mengganti oli transmisi secara teratur sesuai dengan rekomendasi produsen untuk memastikan sistem transmisi motor bradsis berfungsi dengan baik dan tahan lama.

BACA JUGA:Aleix Espargaro Umumkan Pensiun di Akhir MotoGP 2024

Oli Suspensi

Oli suspensi merupakan cairan pelumas yang digunakan dalam sistem suspensi motor untuk meredam getaran dan meningkatkan kenyamanan berkendara.

Oli suspensi memiliki viskositas yang dirancang khusus untuk menyesuaikan dengan pergerakan suspensi dan berbagai kondisi jalan.

Kategori :