Ini Panduan Waktu Servis Motor Dari Pabrikan

Sabtu 31-08-2024,08:00 WIB
Reporter : Bayu Saputra
Editor : Ilham

Servis motor yang masuk kategori ringan, antara lain ganti oli, cek dan ganti kampas rem, ganti busi, suspensi, lampu, karburator, aki, dan tekanan udara pada ban.

Kategori Berat

Untuk servis kategori berat, meliputi pemeriksaan dan perbaikan mesin atau melakukan penggantian komponen yang ada di dalam mesin, seperti skir klep, ganti seal, turun mesin, dan sebagainya. 

BACA JUGA:Pilihan Ban Aftermarket Buat Yamaha NMAX Turbo dan Neo

Apa Saja yang Harus Diservis pada Motor?

Ganti Oli 

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin.

Itu sebabnya, kamu perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai. Biasanya, biaya yang perlu kamu bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.Ganti Oli Gardan

Pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

Busi

Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

BACA JUGA:Begini Wujud Yamaha XSR900 2024 yang Meramaikan Segmen Moge Retro!

Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan.

Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan.

Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

Kategori :