Ini Panduan Waktu Servis Motor Dari Pabrikan

Ini Panduan Waktu Servis Motor Dari Pabrikan

Masih Bingung Kapan Jadwal Untuk Service Motor? Yuk Ikuti Tips Dari Kami Ini--istimewa

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Service motor  penting dilakukan untuk pengecekan kondisi motor yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu.

Bagian motor yang  umum dicek, antara lain memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. Untuk lebih jelas apa saja yang harus di-service pada motor dan kapan waktu yang tepat, ini panduannnya. Apakah Motor Wajib Di-service?

Kalau ingin punya motor yang kondisinya selalu prima, mesin awet, jarang ada kerusakan, dan performa motor tetap terjaga dengan baik, ya kamu wajib melakukan service motor secara rutin.  Minimal servis motor dilakukan 1-2 bulan sekali, atau saat pemakaian sudah mencapai jarak tempuh 2000 km (untuk motor keluaran lama) dan jarak tempuh 5000 km (untuk motor keluaran baru). 

Jika tidak, performa motor akan mengalami penurunan, mesin jadi cepat panas, motor sering rusak, dan akhirnya kamu terpaksa mengeluarkan lebih banyak biaya untuk perbaikan. Kapan Motor Harus Di-service?

BACA JUGA:Yari Montella Ngebut! Huertas dan Manzi Susul di Podium Race 1 WSSP Portimao

BACA JUGA:Yamaha MT-25 2025 Meluncur di Jepang, Harga Rp 68 Jutaan

Banyak mekanik menyarankan untuk melakukan service motor berdasarkan jarak kilometer yang sudah ditempuh.

Sebab, setiap motor memiliki intensitas penggunaan yang berbeda.

Ada motor yang dalam satu bulan bisa menempuh 2000 km, sementara motor lain membutuhkan lebih dari 2 bulan untuk mencapai jarak tempuh yang sama. Jadi, kapan tepatnya motor harus diservis?

• Untuk sepeda motor keluaran lama, misalnya keluaran tahun 2000, maka service motor harus dilakukan saat jarak tempuhnya sudah mencapai 2000 km.

BACA JUGA:Pilihan Motor Bebek Murah Buat Bapak-Bapak: Nyaman, Praktis, dan Irit!

• Motor matik dan motor bebek keluaran baru, wajib mendapatkan pemeriksaan dan perawataan kendaraan saat jarak tempuhnya mencapai kurang lebih 4000-5000 km.

• Jika pengguna motor sport, sebaiknya lakukan servis ketika jarak tempuh sudah mencapai 6000 km, sementara untuk moge kurang lebih 12.000 km.

Kategori Service Motor

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya