6 Tips Berkendara Aman & Nyaman Saat Musim Hujan, Hindari Jalan Licin dan Berbahaya!

Kamis 12-09-2024,22:20 WIB
Reporter : Alvin Septian
Editor : Alvin Septian

BACA JUGA:Pensiunan TNI Kena Begal di Bekasi, Dua Pelaku Berhasil Ditangkap Polisi!

BACA JUGA:Bengkulu- Palembang Tutup Etape Sumatera NMAX Tour Boemi Nusantara, Lanjut Etape Kalimantan

4. Hindari Jalan yang Licin dan Berbahaya

Permukaan jalan saat hujan bisa menjadi sangat berbahaya. Beberapa area seperti marka jalan, jembatan besi, atau jalanan yang berlumpur bisa menjadi sangat licin, meningkatkan risiko kecelakaan.

● Waspadai Genangan Air: Hindari mengendarai motor melalui genangan air yang dalam karena selain berisiko terjadi aquaplaning (ban melayang di atas air), genangan tersebut bisa menyembunyikan lubang atau rintangan di jalan.

● Hindari Marka Jalan dan Rel Kereta Api: Marka jalan yang dicat dan rel kereta api menjadi sangat licin saat basah. Usahakan menghindari melintas di atasnya, atau jika terpaksa, lakukan dengan hati-hati dan tegak lurus.

5. Gunakan Teknik Pengereman yang Tepat

Pengereman yang tepat adalah kunci keselamatan di jalan basah. Salah satu teknik yang perlu dikuasai adalah pengereman secara perlahan dan bertahap, bukan pengereman mendadak.

● Gunakan Rem Depan dan Belakang: Pastikan Anda menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan, dengan tekanan yang seimbang. Mengandalkan satu rem saja, terutama rem depan, bisa menyebabkan tergelincir.

● Antisipasi Pengereman Dini: Jangan menunggu terlalu dekat dengan objek atau kendaraan lain untuk mulai mengerem. Antisipasi situasi lebih awal untuk memberikan waktu yang cukup bagi pengereman yang halus.

BACA JUGA:Pameran Helm dan Apparel IMHAX 2024 Digelar 4 Hari, Banyak Brand Premium

BACA JUGA:Proses Pemulihan Lancar, Razgatlioglu Fokus ke Cremona!

6. Perhatikan Jarak Pandang

Visibilitas adalah salah satu tantangan terbesar saat berkendara di musim hujan. Kabut, air hujan yang deras, dan embun di kaca helm dapat mengurangi jarak pandang Anda di jalan, selalu Aktifkan Lampu Utama Bahkan di siang hari, nyalakan lampu utama untuk meningkatkan visibilitas Anda terhadap pengendara lain.

Berkendara motor saat di musim Hujan memang menuntut kewaspadaan lebih, dengan menjaga kondisi motor hingga peralatan yang tepat khususnya perlindungan pada alat vital yaitu helm, Helm memberikan perlindungan utama bagi pengendara, mulai dari melindungi kepala dari cedera serius, melindungi wajah dari debu dan serangga, hingga meningkatkan visibilitas dan kenyamanan berkendara. Jadi, pastikan untuk selalu mengenakan helm yang sesuai standar keamanan setiap kali Anda berkendara, baik untuk perjalanan jauh maupun dekat.

Program Kompetisi Menarik Bagi Pengguna Nolan PT Prakarsa Abadi Sentosa (PAS) selaku Exclusive Distributor Nolan di Indonesia akan mengadakan kompetisi video kreatif berhadiah helm exclusive dari Nolan Indonesia tipe X-804 RS Ultra Carbon, N60-6 Sport dan N120-1 untuk 7 orang pemenang senilai total Rp 50.000.000 bagi para pengguna helm Nolan, acara ini bertujuan sebagai ajang kompetisi bagi para bikers untuk memberikan wadah kreativitas dan bebas berekspresi bersama helm Nolan. acara ini bertajuk “Millions Creativity Competition” yang diselenggarakan selama periode 10 - 22 September 2024. Adapun tata cara sebagai berikut:

Kategori :