Teknologi Terbaru Moto-GP, Komunikasi Radio Dengan Bikers Akan Segera Hadir di Tahun 2025!

Jumat 13-09-2024,11:35 WIB
Reporter : Alvin Septian
Editor : Alvin Septian

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -- MotoGP akan menerapkan sistem komunikasi radio balapan baru antara direktur balapan dan pembalap mulai musim 2025.

Sebuah pertemuan diadakan oleh Dorna Kamis lalu di Misano, di mana promotor seri tersebut memberi tahu tim tentang keputusannya untuk memperkenalkan komunikasi radio di MotoGP.

Sistem ini akan diperkenalkan secara bertahap dan awalnya hanya direktur balapan yang diizinkan untuk berkomunikasi dengan pengendara, dengan pesan yang dibuat singkat dan ringkas dan selalu ditujukan untuk meningkatkan keselamatan.

Pada fase kedua, yang bisa dimulai pada awal tahun 2026, radio akan bekerja dua arah, memungkinkan pengendara untuk berbicara dan membalas arah balapan.

Langkah terakhir, yang masih belum memiliki tanggal pelaksanaan pasti, akan serupa dengan Formula 1, memungkinkan komunikasi terbuka antara pebalap dan timnya di pitwall. Langkah ini sebagian besar bertujuan untuk meningkatkan tontonan TV.

BACA JUGA:Bekal Bikers Untuk Menyambut Honda Bikers Day 2024, Kumpul Bikers Honda Terbesar di Indonesia!

BACA JUGA:Bersiap, Mesin MotoGP Bakal Dibekukan Sampai 2027!

Dorna dan tim TV-nya telah mengerjakan sistem komunikasi radio selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2022, beberapa pembalap memasang lubang suara di helm mereka untuk menerima pesan dari pengarah balapan pada tes di Jerez. Tes lain diadakan di Valencia tahun lalu untuk mengevaluasi sistem lebih lanjut.

Setelah beberapa kali kerja intensif, MotoGP kini berhasil merancang lubang suara yang tidak ditempatkan di dalam telinga pengendara di helm, tetapi di daun telinga di luar telinga, dengan suara yang ditransmisikan melalui getaran. Hal ini membuat sistem tidak terlalu mengganggu.

“Ini bisa sangat menarik untuk keselamatan, kalau misalnya ada kecelakaan, ada pebalap di tengah lintasan, Race Direction bisa langsung memperingatkan Anda,” jelas Maverick Vinales yang tim Aprilia-nya diminta menguji perangkat tersebut. Rekan setimnya, Aleix Espargaro dan pembalap penguji Lorenzo Savadori di Misano.

BACA JUGA:Begini Cara Duo KTM Hadapi Lintasan Basah Saat Hujan Turun!

BACA JUGA:Morbidelli Ngaku Team Order Bakal Jadi Pembahasan Rumit!


Maverick Vinales, Tim Aprilia--Bolasport.com

Vinales menambahkan, “Jelas bahwa zaman sedang berubah dan hal semacam ini membuat pertunjukan menjadi lebih baik. Ungkapan favorit saya yang sudah dapat saya sampaikan kepada Anda adalah 'Sekarang jangan ganggu saya!'”

Kategori :