Waspada! Ini Penyebab Baterai Motor Listrik Bisa Terbakar

Waspada! Ini Penyebab Baterai Motor Listrik Bisa Terbakar

JAKARTA, MOTOREXPRETZ.COM -  Bagi kalian yang mempunyai motor listrik harus hati hati menggunakannya karna bisa saja baterainya terbakar kapan saja.

Namun, pemilik motor listrik perlu mengetahui apa saja yang jadi penyebab baterai bisa terbakar. Biasanya pemicu awal terbakarnya baterai karena kesalahan pemilik, tapi tidak jarang juga karena cacat pabrik.

Jadi untuk pengguna motor listrik harus dipahami penyebab terbakarnya baterai motor listrik.

BACA JUGA:Syarat Modifikasi Motor Yang Tidak Melanggar Hukum

Baterai motor listrik yang tiba-tiba meledak itu membuat pengendaranya secara spontan langsung menjatuhkan motornya. Kejadian motor listrik terbakar ini tak hanya bisa terjadi saaat sedang dikendarai, namun juga saat sedang parkir atau diisi ulang dayanya.

Penyebab baterai motor listrik meledak bisa karena faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal yang dimaksud seperti karena modifikasi, tidak standard pabrik, karat, lembab karena kena air terus menerus, hingga overcharging yang menyebabkan sel panas dan meledak layaknya baterai lithium pada ponsel.

Sedangkan faktor interna bisa karena kualitas sel, desain, atau housing part pendukung seperti Battery Management System (BMS) yang jelek. Kualitas baterai yang tersedia di pasaran sendiri sangat beragam. Bahkan ada yang direkondisi dan dijual seperti baru.

Karena itu, konsumen motor listrik harus jeli sebelum membeli, Termasuk menanyakan apa merek baterai dan merek sel yang dipakai, hingga punya pabrik atau tidak di negara asalnya.

BACA JUGA:Waduh, Bos Honda Rela Marc Marquez Pergi Asal Penuhi Syarat Ini

Tak hanya itu saja, temperatur yang panas turut memengaruhi kondisi baterai. Lalu, benturan menyebabkan bungkus baterai terkelopak, hingga akhirnya bocor.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya