Apa Itu Bore Up Motor? Temukan Penjelasan dan Kelebihannya di Sini

Apa Itu Bore Up Motor? Temukan Penjelasan dan Kelebihannya di Sini

1. Berapa rasio kompresinya

Banyak bengkel yang menawarkan paket bore up tanpa memperhatikan rasio kompresi. Inilah yang harus jadi perhatian utama, karena rasio kompresi merupakan perbandingan dari volume total yang dibagi dengan volume ruang bakar. 

BACA JUGA:5 Bahan Ajaib yang Bisa Buat Mesin Motor Bersih Lagi Seperti Sediakala

Volume total sendiri adalah volume ruang bakar ditambah volume silinder. Contohnya saja rasio kompresi kendaraan awal adalah 10:1. Kemudian setelah di bore up mesin berubah menjadi 150cc. Artinya rasio berubah menjadi 16:1 yang sangat tinggi. 

Rasio yang terlalu tinggi ini harus diseimbangkan dengan membesarkan ruang bakar. Dengan begitu kompresi akan turun. 

2. Kualitas filter udara

Penggantian ukuran dan kualitas filter udara juga harus dilakukan. Karena usai di bore up otomatis kapasitas silinder akan membengkak. Maka dibutuhkan pasokan udara ke dalam ruang bakar yang lebih banyak. 

BACA JUGA:Brodist! Bengkel ABK2 Jelaskan 7 Tanda yang Bisa Akibatkan Motor Turun Mesin

Filter udara berperan besar untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar sehingga tak bisa lagi menggunakan ukuran standar. Perlu menggantinya dengan filter udara yang sesuai dengan kebutuhan pasokan udara.

3. Kualitas pelumas mesin

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan setelah bore up adalah penggunaan pelumas. Anda harus menggunakan jenis pelumas yang kualitasnya lebih baik. Selain itu pengecekan pelumas harus dilakukan lebih sering untuk tahu berapa jumlah pemakaiannya. 

4. Jenis bahan bakar 

Tenaga motor akan bertambah, maka bahan bakar yang terbakar akan lebih besar. Suplai bahan bakar jadi lebih banyak. Jadi jangan heran jika Anda akan membeli bahan bakar lebih sering daripada sebelumnya. 

BACA JUGA:Lagi Terburu-Buru Tapi Mesin Motor Malah Brebet? Pelajari Tips Cepat Mengatasinya

BACA JUGA:MotoGP Siap Sambut Era Baru Bermesin 850 cc di Tahun 2027

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya