Ini Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Bau Sangit

Ini Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Bau Sangit

Kampas Kopling Bermasalah 

Terakhir adalah masalah pada kampas kopling yang sudah aus. Masih banyak pemilik kendaraan yang terus memaksakan kendaraannya untuk berjalan meskipun kampas kopling sudah aus. Padahal ini bisa menjadi penyebab mesin motor cepat panas dan bau sangit. 

Lama kelamaan kampas kopling pun akan menjadi hangus. Komponen ini perlu diperbaiki jika kalian tidak ingin mencium bau sangit lagi. 

BACA JUGA:5 Tips Ampuh Cegah Helm Motor Bau Apek

Tips Mengatasi Mesin Motor Muncul Bau Sangit 

Kalian sudah mengetahui semua penyebab mesin motor cepat panas dan bau sangit, kini saatnya mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Ketika mesin cepat panas dan muncul bau sangit, kalian tentu akan panik jika belum pernah mengalaminya. 

Bisa juga kalian menyepelekan hal ini dan terus mengendarai sepeda motor. Sebaiknya hindari masalah panik apalagi membiarkannya, karena komponen yang tidak berhubungan langsung lama kelamaan akan rusak. 

Jika kalian tidak ingin mengeluarkan lebih banyak uang lagi untuk membeli komponen baru, maka tindakan perbaikan secepatnya perlu dilakukan. Berikut ini apa yang seharusnya kalian lakukan untuk mengatasi bau sangit dan mesin cepat panas. 

Mengurangi Beban pada Motor

Apabila sehari-hari kalian membawa beban berlebih maka kurangi dari sekarang. Mengurangi barang bawaan akan mengurangi beban yang harus dialami oleh piston. 

BACA JUGA:Jangan Biarkan Helm Motormu Bau Apek! Simak 5 Tips Ampuh Ini Agar Tetap Wangi Sepanjang Perjalanan

Efeknya selain mencegah mesin cepat panas, motor juga akan memiliki lebih banyak tenaga. Motor akan kuat melewati jalan tanjakan dan tidak terlalu boros. Oli pun tidak akan merembes karena panas mesin tidak berlebih. 

• Mengganti Seal Oli

Setelah mengecek seal oli, kalian melihat adanya kerusakan. Maka gantilah seal oli ini dengan yang baru supaya oli tidak merembes kembali. Sebelum diganti sebaiknya cobalah untuk memperbaiki posisinya agar pas dengan dudukan. 

Jika sudah tidak ada kebocoran maka kalian tidak perlu menggantinya. Proses penggantian lebih aman dilakukan oleh teknisi profesional agar tidak terjadi rembesan kembali. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya