Ducati Panigale V2 Superquadro, Jadi Tipe Perpisahan Mesin Legendaris

Ducati Panigale V2 Superquadro, Jadi Tipe Perpisahan Mesin Legendaris

Ducati Panigale V2 Superquadro-Ducati-

BOLOGNA, MOTOREXPERTZ.COM – Ducati identik dengan konfigurasi mesin L-Twin atau V2 Panigale di sejumlah modelnya. Tak terkecuali superbike, mulai dari 916 hingga Panigale.

Namun kini, mesin V2 bertipe Superquadro mereka di kelas superbike sudah tergantikan tipe V4. Dan untuk perpisahan, hadirlah edisi terbatas khusus untuk para kolektor. 

Sebuah tanda terima kasih dan tanda cinta untuk Superquadro, mesin dua silinder paling canggih yang pernah diproduksi oleh Ducati setelah serangkaian panjang yang dimulai lebih dari tiga puluh tahun lalu, dengan mesin V2 90° dan distribusi empat katup per silinder desmodromik.

Mesin-mesin yang telah menjadi ciri khas teknis dari Ducati Superbikes dan Supersport, melahirkan motor ikonik seperti 748, 749, 848, 899, dan 959, hingga Panigale V2 terkini. 

BACA JUGA:Royal Enfield Mau Perluas Jangkauan Tahun Ini, Tambah Tempat Servis dan Diler Resmi

BACA JUGA:Piaggio Group Bawa 4 Merek Komplet di GIIAS 2024, Ada Promo Juga Lho

Panigale seri kolektor ini, diproduksi dalam edisi terbatas sebanyak 555 unit dengan nomor seri, adalah sebuah penghormatan untuk mesin Superquadro.

Mesin Superquadro pertama diciptakan pada tahun 2011 untuk Panigale 1199. Nama ini berasal dari rasio yang tinggi antara diameter x langkah, yang pada kapasitas 1285 cc mampu menghasilkan nilai daya maksimum sehingga menjadi acuan mutlak untuk mesin dua silinder. 

Evolusi bertahun-tahun, mesin ini juga melahirkan versi dengan kapasitas lebih kecil, pertama 898 dan kemudian 955, dimana yang terakhir mampu memenangkan gelar dunia Supersport pertama untuk Ducati pada tahun 2023 bersama Nicolò Bulega, serta memenangkan gelar MotoAmerica Supersport pada tahun 2022 dan 2023.

Penghormatan Ducati terhadap mesin revolusioner ini diwujudkan dalam motor seri kolektor. Livery penghormatan Superquadro, yang diciptakan oleh Drudi Performance bersama dengan Ducati Style Centre ini, tetap konsisten menggunakan gaya bahasa Ducati dengan warna khas: putih, merah, hitam, dan abu-abu. 

BACA JUGA:BMW R 1300 GS Adventure Resmi Dirilis, Punya Berat 269 Kg dan Tangki Bensinnya Besar 30 Liter

Seperti setiap seri kolektor Ducati lainnya, Panigale V2 Superquadro Final Edition dibuat unik dengan triple clamp, terbuat dari bahan yang solid, dimana nomor model ditampilkan. 

Sepeda motor ini akan dilengkapi dengan sertifikat keaslian dan cover sepeda motor yang dipersonalisasi. Rencananya, Panigale V2 Superquadro Final Edition akan tersedia di dealer pada Oktober 2024.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya