Kawasaki Perkenalkan Motor Berpenggerak Hidrogen, Bakal Diproduksi Massal?

Kawasaki Perkenalkan Motor Berpenggerak Hidrogen, Bakal Diproduksi Massal?

Kawasaki Hidrogen-Kawasaki-

SUZUKA, MOTOREXPERTZ.COM - Kawasaki Heavy Industries sebagai induk pabrikan motor Kawasaki memang gemar meluncurkan produk-produk yang bersifat eksperimental, tapi ada yang berakhir jadi produksi massal.

Misalnya motor Kawasaki Ninja H2 yang mengusung peranti pendongkrak tenaga, Supercharged. Lalu deretan motor listrik mereka, yang kini bahkan dijual umum di Indonesia yakni Ninja e-1 dan Z e-1.

Lalu ada juga motor hybrid mereka yang belum lama ditampilkan. Seolah belum puas, akhir pekan lalu Kawasaki menampilkan produk konsep mereka yang terbaru dengan sistem penggerak hidrogen.

Yup, pada 20 Juli lalu, Kawasaki Heavy Industries Group, melakukan demonstrasi publik pertama di dunia atas sepeda motor ICE (mesin pembakaran internal) hidrogen yang dilakukan oleh produsen sepeda motor produksi massal di Sirkuit Suzuka di Kota Suzuka, Prefektur Mie, Jepang.

BACA JUGA:Komunitas Vespa Gelar Riding Bareng di 5 Kota Besar di Indonesia

BACA JUGA:Bedah Inspirasi Pengembangan Produk Baru ALVA, Idenya Dari Kebutuhan Masyarakat!

Motor dengan mesin bakar berbahan bakar hidrogen dirancang dan dibangun sebagai bagian dari penelitian yang dimulai pada bulan Maret 2023, dengan uji coba dimulai tahun ini.

Basis mesin yang dipakai sendiri bertipe In-Line Four Supercharged 998 cm3 yang berbasis pada sepeda motor Ninja H2 Kawasaki, dengan modifikasi yang dilakukan untuk memungkinkan injeksi langsung bahan bakar hidrogen ke dalam silinder. 

Sasis sepeda motor dirancang untuk mengakomodasi tabung bahan bakar hidrogen dan sistem pasokan bahan bakar hidrogen di dalamnya.

Sepeda motor Hydrogen ICE menggunakan pembakaran hidrogen, menghasilkan sensasi gemuruh dan berdenyut yang dinikmati pengendara saat memutar gas, dan sebagian besar mengeluarkan air.

BACA JUGA:Raul Fernandez Nggak Kemana-Mana di MotoGP 2025, Masih Setia di Trackhouse Racing!

Sebagai bagian dari inisiatif netral karbon, Kawasaki Motors saat ini sedang melakukan penelitian dan pengembangan dengan tujuan mewujudkan sepeda motor ICE hidrogen yang berfungsi sebagai salah satu opsi netral karbon bagi pengendara di awal tahun 2030-an.

Kawasaki Motors adalah anggota HySE (Hydrogen Small Mobility & Engine Technology), sebuah asosiasi penelitian yang berfokus pada teknologi hidrogen.

Dengan desain yang gambot, perlu sejumlah penyesuaian lagi agar motor ini lebih layak sebagai motor harian. Namun kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya