Berikut 5 Jenis Aki Motor yang Ada Di Pasaran Sekarang Ini

Berikut 5 Jenis Aki Motor yang Ada Di Pasaran Sekarang Ini

Aki Motor-Ilham-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -  Ada beberapa tipe aki yang biasa digunakan pada  sepeda motor, seperti aki basah, aki kering (MF), aki GS Calcium, aki Gel, dan aki Kalsium. Masing-masing tipe aki memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dalam hal harga, perawatan, dan performa. 

Berikut ada lima jenis aki  motor yang perlu kalian ketahui perbedaannya:

1. Aki Basah: Aki ini menggunakan cairan elektrolit atau air aki yang berupa asam sulfat. Air aki basah mengandung timah antimoni yang cepat habis karena besarnya potensi penguapan.

Aki basah memerlukan perawatan rutin, seperti mengecek ketinggian air aki.

BACA JUGA:Sikat Habis Pulau Jawa, Bikers NMAX Turbo Tiba Di Bali

BACA JUGA:FP1 Silverstone: Jorge Martin Bikin Duo Aprilia Kedodoran

2. Aki Kering (Maintenance Free): Aki ini menggunakan cairan elektrolit yang mengandung timah kalsium. Timah kalsium lebih hemat dalam proses penguapan dibandingkan timah antimoni pada aki basah.  Aki kering tidak memerlukan perawatan rutin seperti pengisian ulang cairan elektrolit.

 

3. Aki Kalsium: Kutub aki ini terbuat dari material kalsium. Aki kalsium memiliki tingkat penguapan yang lebih rendah dibandingkan aki basah dan aki kering. Aki kalsium juga memiliki daya tahan yang lebih baik.

4. Aki Gel: Aki ini termasuk dalam kategori aki kering, tetapi elektrolitnya berbentuk gel. Aki gel memiliki kelebihan self-discharge yang lebih rendah dibandingkan aki kering konvensional.

Aki gel tidak perlu diaktivasi dengan menuangkan cairan elektrolit dan bisa langsung dipasang.

BACA JUGA:Free Practice Moto2, Canet On Fire di Silverstone, Siap Bikin Lawan Ketar-Ketir!

BACA JUGA:Mengenang Masa Lalu: Livery Retro MotoGP yang Bikin Nostalgia

5. Aki Hybrid: Aki ini merupakan gabungan dari aki basah dan aki kalsium. Aki hybrid memiliki tingkat penguapan yang lebih rendah dibandingkan aki basah dan memiliki perawatan yang lebih mudah.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya