Simak Alasan Lampu Motor Wajib Nyala di Siang Hari Bradsis!

Simak Alasan Lampu Motor Wajib Nyala di Siang Hari Bradsis!

Solid! Ratusan Riders VION Gelar Touring Akbar Jakarta- Tegal-Suzuki-

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Semua motor di Indonesia saat ini diwajibkan menyalakan lampu baik pada siang maupun malam hari, sesuai dengan undang-undang yang telah ditetapkan.

Hal ini tertulis dalam Pasal 107 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2009 tentang Angkutan Jalan.

Pasal ini menyatakan bahwa pengemudi kendaraan bermotor harus menyalakan lampu utama kendaraan mereka pada malam hari dan kondisi tertentu. Bahkan, pengemudi sepeda motor juga diwajibkan untuk menyalakan lampu utama pada siang hari.

Pentingnya lampu utama motor menyala pada siang hari bukanlah tanpa alasan. Motor memiliki dimensi yang lebih kecil daripada mobil atau bus sehingga sulit terlihat oleh pengendara lain, terutama dari spion kendaraan di depannya.

BACA JUGA:Yamaha NMAX Turbo Meluncur di Bandung, Harga Sama dengan Jakarta

BACA JUGA:Driver Ojol Dibegal di Medan, Handphone dan Motor Honda Scoopy Raib

Dengan lampu utama menyala, motor dapat menjadi lebih terlihat dan mencegah kecelakaan yang tidak diinginkan.

Bahkan, beberapa model motor terbaru telah menghilangkan saklar lampu utama dari bagian setangnya. Namun, saklar khusus masih tersedia di toko-toko sparepart jika diperlukan.

Saklar lampu utama dapat dipasang pada jalur yang sudah ada di motor dengan sedikit modifikasi ataupun bantuan dari mekanik bengkel terpercaya.

Meskipun saklar lampu utama dapat dimatikan, pengemudi tetap diharapkan untuk mematuhi peraturan pemerintah terkait penggunaan lampu utama.

BACA JUGA:Jika Masih di MotoGP, Suzuki GSX-RR Bakal Berbalut Livery Barry Sheene di Seri Inggris

Pengemudi hanya boleh mematikan lampu utama dalam kondisi-kondisi tertentu seperti saat memasuki area pemukiman yang padat di malam hari.

Dengan memahami pentingnya lampu utama motor yang menyala siang hari, diharapkan para pengemudi dapat lebih waspada dan aman dalam berkendara.

Semua aturan yang ada bertujuan untuk keselamatan bersama, jadi mari kita patuh dan taat pada peraturan yang berlaku.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya