Mengenal Ban Motor Lebih Dalam, Mulai Jenis Hingga Peruntukannya

Mengenal Ban Motor Lebih Dalam, Mulai Jenis Hingga Peruntukannya

Toko Ban Motor-@mochigula-X

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM -  Sekilas, memilih ban untuk sepeda motor terkesan mudah. Tinggal pilih, beli lalu dipasang. Namun, faktanya, tidak semudah itu. Karena efek dari  salah pilih ban bisa berbahaya, baik  di dalam perjalanan ataupun malah bikin boros bbm.

Ban sejatinya memiliki karakter yang berbeda-beda. Untuk itu jika ingin membeli ban harus di sesuaikan dengan kebutuhan apalagi jika digunakan untuk harian.

Jika jalanan di daerah  tinggal atau tempat kerja banyak yang berlubang dan tidak mulus,  sebaiknya jangan membeli ban tipe soft compound karena karakter ban ini khusus di jalanan aspal.

Jika dipaksakan bisa beresiko terhadap kestabilan berkendara.

BACA JUGA:David Alonso Masih Kokoh di Puncak Klasemen Moto3 2024

BACA JUGA:Tiga Sirkuit MotoGP Paling Eco-Friendly, Ada Mugello, Catalunya dan Silverstone

Nah, biar nggak bingung, ini panduan dalam cermat memilih ban motor untuk harian :

1. Jenis ban

Ban tipe ini punya fungsi yang sangat baik. Jika digunakan  pada jalanan basah ataupun kering. Ciri ban ini memiliki alur yang tidak terlalu banyak dan traksinya sangat bagus. Dan jenis ban inilah yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Untuk membedakan jenis ban ini bisa dilihat pada bagian spesifikasi yang tertera pada ban. Biasanya pabrikan seringkali menuliskan tipe wet, dry atau wet dry.

BACA JUGA:Pembalap Thailand, Somkiat Chantra Masuk Radar LCR Honda di MotoGP 2025

Ban tipe ini memiliki sedikit alur atau bahkan tidak memiliki alur sama sekali, alias slick. Dan memiliki traksi terbaik saat digunakan pada jalanan kering.

Sehingga sangat nyaman ketika dipakai di jalanan tanpa khawatir bakal slip dan terpeleset. Namun ketika ban tipe kering menemui jalan berair atau basah hendaknya wajib lebih berhati-hati. Lebih cocok untuk di trek balap.

Jenis Ban tipe ini digunakan khusus untuk jalan yang kerap kali basah. Ban tipe ini memiliki ciri banyak alur yang menjangkau hingga tepi ban. Alur ini bertujuan untuk membuang air saat ban berputar melewati jalan yang basah dan berair, namun traksi ban ini akan menurun di jalanan yang kering.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya