OH Tenyata Ini Perbedaan Rangka eSAF dan Rangka Biasa

OH Tenyata Ini Perbedaan Rangka eSAF dan Rangka Biasa

JAKARTA, MOTOREXPRETZ.COM - Kalian pasti sangat takut dan khawatir dengan keadaan motor kalian yang menggunakan rangka eSAF.

Sebagaimana diketahui, saat ini rangka eSAF sangat ramai menjadi perbincangan lantaran rangkanya mudah keropos dan membuat rangka patah.

Pastinya kalian ingin tau ya apa saja perbedaan antara rangka biasa dan juga rangka eSAF? Yuk simak informasinya dibawah ini:

BACA JUGA:5 Tipe Rantai Sepeda Motor yang Wajib Kamu Kenali Demi Performa Optimal

Sebagai informasi bahwa rangka eSAF untuk pertama kalinya digunakan Honda Genio pada awal peluncurannya di 2019. Rangka ini merupakan common part (komponen bersama) yang dipakai juga di model-model skutik Honda selanjutnya, seperti Scoopy, BeAT, dan Vario 160 model terbaru. Rangka biasa, umumnya tidak common part.

Dari segi arsitektur, rangka eSAF tentunya berbeda dengan rangka biasa. Kalau rangka biasa menggunakan batang-batang besi pipa yang dirangkai menjadi sebuah rangka yang utuh, maka rangka eSAF menggunakan pelat baja yang di-press dan dilas pakai laser welding.

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh rangka eSAF yaitu lebih ringan,lebih irit BBM, minim deformasi, ruang lebih besar, Struktur rangka ini berbeda dari sasis sebelumnya yang digunakan Honda pada empat skutik tersebut. Sasis lama memakai batang besi yang dirangkai menjadi satu kesatuan rangka utuh.

BACA JUGA:Ternyata! Inilah Alasan Kenapa Oli Mesin Motor Kamu Bisa Berubah Hitam

Sedangkan eSAF menggantikan model sasis sebelumnya, yaitu berjenis pipa disebut rangka tubular. Menurut AHM, terdapat 34 komponen yang dihilangkan dalam pembuatan rangka eSAF ini.

Dalam pembuatannya, eSAF dibuat menggunakan pelat baja yang di-press, lalu dilas dengan teknik laser. Proses penyambungan rangka lama juga menggunakan teknik las. Rangka ini minim komponen tambahan (subframe).

 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya