Jangan Asal Pilih! Ini 5 Langkah Tepat untuk Memilih Box Motor yang Pas, Muat Banyak

Jangan Asal Pilih! Ini 5 Langkah Tepat untuk Memilih Box Motor yang Pas, Muat Banyak

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Kami akan memberikan cara memiliki box motor terbaik untuk motor kesayangan kalian.

Selain helm, kalian juga bisa menyimpan jas hujan atau belanjaan kamu di box motor. Dengan begitu, kalian akan merasa semakin nyaman saat touring, berbelanja, atau sekedar berkeliling menggunakan motor kalian.

Namun agar mendapat pilihan yang sesuai kebutuhan, baiknya jangan sembarangan memilih box motor. Sebab pemilihan box motor yang salah bisa berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Oleh karena itu kami ingin membantu kalian untuk memberi tips memilih box motor yang baik.

BACA JUGA:Ini Cara Ampuh Melakukan Rem Motor Matic yang Benar, Ternyata Ada 8 Triknya!

1.Pilihlah berdasarkan ukuran dan kapasitasnya

Pertama, kamu harus mengetahui kapasitas dan ukuran box yang kamu butuhkan, jika diperlukan, kamu bisa memilih produk dengan kapasitas dan ukuran yang besar. Namun, box yang ukuran dan kapasitasnya kecil juga masih fungsional untuk kamu gunakan bila kamu hanya membawa sedikit barang.

Jadi,kamu harus memilih box motor yang ukurannya sesuai dengan motor kalian. Bila terlalu lebar atau terlalu panjang, box tersebut justru akan membuat motor kalian menjadi tidak stabil sehingga akan membahayakan kalian sendiri.

Apalagi, di indonesia juga sudah diatur bahwa pemasangan box motor tidak boleh melebihi lebar terluar motor dan panjangnya harus disesuaikan dengan struktur sasis motor tersebut.

Selain itu, bila ukurannya terlalu lebar, kalian akan semakin kesulitan saat hendak melewati jalan sempit atau menyalip kendaraan di depan kalian.

BACA JUGA:Simak 4 Poin Penting yang Perlu Diperhatikan Pengendara Motor Listrik Saat Kondisi Cuaca Panas

2.Sesuaikan kapasitas box dengan kapasitas mesin

Kemudian, yang kedua kalian juga harus mengetahui kapasitas box motor yang hendak kalian beli. Jika kapasitasnya terlalu besar, tentu motor kalian akan semakin berat sehingga kecepatannya juga menurun.

Begini cara perhitungannya: bila kapasitas mesin kalian hanya 125cc, sebaiknya kalian memilih box motor dengan kapasitas maksimal 30 liter. Sedangkan, untuk kapasitas motor 250-400cc, sebaiknya kalian memilih box motor dengan kapasitas maksimal 35 liter.

Kemudian kalian dapat membeli box motor berkapasitas lebih dari 50 liter apabila kapasitas mesin motor kalian lebih besar dari 400cc.

Selain itu kalian juga harus menyesuaikan kapasitas box motor dengan tujuan penggunaannya, bila box motor hanya akan digunakan untuk membawa barang belanjaan, menaruh helm, jaket, atau jas hujan, box dengan kapasitas 25 liter saja sudah lebih dari cukup.

Akan tetapi bila kalian hendak menggunakan box motor untuk membawa banyak makanan dan perlengkapan saat touring, pilihlah produk dengan kapasitas 30  sampai 33 liter.

BACA JUGA:Terjebak Macet? 7 Tips Jitu Agar Motormu Tetap Lancar Melaju

3.Sesuaikan Bobot Box Agar Motor Tetap Stabil

Agar motor kalian tetap stabil saat dikendarai, sebaiknya kalian memilih box motor yang berbobot ringan. Selain itu, box motor berbobot ringan akan lebih mudah untuk kalian lepas pasang dari motor. Kemudian kalian juga harus mempertimbangkan batas beban muatan barang setiap motor berbeda satu sama lain, kalian juga harus dapat memperbaiki seberapa berat muatan yang akan dibawa dalam box motor agar tidak melebihi batas beban muatan barang yang diizinkan.

4.Pilihlah Produk Yang Sudah Satu Paket dengan Bracket.

Ada saja pengendara yang memaksakan box di motornya menggunakan karet atau tali pengikat. Padahal, box motor tidak akan stabil bila hanya di pasangkan dengan menggunakan benda-benda tersebut, Box motor akan stabil dan terpasang erat bila dipasangkan pada dudukan atau plate yang memang di buat khusus untuk box motor tersebut.

Apalagi,kalian akan lebih mudah melepas pasang box motor bila kalian memasangkan box tersebut ke plate bawaannya. Untuk memasangkan plate motor, kalian juga membutuhkan bracket.

Bila kalian membeli box motor yang belum 1 paket dengan bracket, kalian dapat membeli bracketnya secara terpisah di toko terdekat atau toko online.

BACA JUGA:Kapan Sebenarnya Waktu yang Tepat untuk Ganti Ban Motor?

5.Pilihlah Produk Dengan Sistem Keamanan Yang Memadai

Hal yang tidak boleh di lewatkan saat memilih box motor adalah sistem keamanannya. Plate memang memudahkan kalian untuk memasang maupun melepas box motor sesuai kebutuhan. Namun, box motor kalian bisa saja dilepas secara paksa dari platenya.

Hal tersebut tentu sangat berbahaya, terutama bila kalian menyimpan barang berharga di dalam box motor kalian. Oleh karena itu, pilihlah produk dengan sistem keamaan yang memadai.

Semoga tips ini dapat membantu kalian ketika kalian ingin membeli box pada motor kesayangan kalian.(ook)

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya