Mengenal Komponen Sistem Kemudi Sepeda Motor dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Komponen Sistem Kemudi Sepeda Motor dan Jenis-Jenisnya

Tipe selanjutnya ini merupakan jarak antara titik potong dari garis melewati poros kemudi pada jalan mendatar atau horizontal ke arah titik tumpu ban depan ketika di atas jalan. 

Bisa disimpulkan ketika sudut caster lebih besar maka jarak trail akan lebih kecil. Keduanya, baik itu trail dan caster perlu diperhitungkan dengan matang karena berhubungan erat pada pengaruh kestabilan sistem kemudi. 

Gangguan yang Sering Muncul pada Komponen Sistem Kemudi 

Semua komponen sistem kemudi sepeda motor bisa saja mengalami gangguan sewaktu-waktu. Gangguan ini dapat dikenali oleh pengemudi dengan mudah sehingga tidak perlu menunggu kerusakan parah baru Anda pergi ke bengkel. 

 

Berikut ini beberapa ciri gangguan yang bisa dirasakan pada sistem kemudi. 

• Kemudi Terasa Lebih Berat 

Gangguan yang pertama ini akan membuat tangan Anda cepat lelah, pasalnya stang terasa lebih berat. Anda bisa merasa tekanan berat ini ketika berbelok atau menikung tajam. 

Apa yang menjadikan kemudi terasa berat, cek di halaman selanjutnya.

BACA JUGA:Head to Head Dua Motor Beda Kelas, Antara Yamaha YZF-R7 Vs Suzuki GSX-8R

Penyebabnya bisa beberapa hal, pertama adalah pemasangan mur steering handle yang terlalu kencang. Padahal fungsi dari mur adalah memastikan as kemudi telah terpasang baik, namun jika terlalu kencang bisa menimbulkan kemudi terasa berat. 

Penyebab selanjutnya adalah komponen sistem kemudi yakni steel bali mengalami kerusakan. Komponen ini berwujud gotri dengan fungsi untuk mengurangi gesekan serta membuat gerak as lebih ringan. 

Jika gotri mengalami aus apalagi pecah maka pergerakan stang berbelok akan berat. Penyebab ketiga adalah ketika bantalan cincin mengalami keausan. Fungsi dari bantalan ini adalah rumah steel ball atau tempat gotri. 

Apabila bantalan rumah rusak maka gotri tidak mampu bergerak dan kemudi jadi lebih berat. 

BACA JUGA:15 Tips Naik Motor yang Aman dan Nyaman untuk Perempuan yang Baru Belajar Berkendara

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya