Cara Kerja Karburator Sepeda Motor, Bantu Kendaraan Tetap Optimal!

Cara Kerja Karburator Sepeda Motor, Bantu Kendaraan Tetap Optimal!

Pertama-tama lepaskan karburator dari dudukannya dengan bantuan kunci pas. Setelah itu buka bagian mangkok atau penutup karburator dan bersihkan bagian tersebut dari endapan maupun cairan dengan menggunakan kuas. 

BACA JUGA:Anti Kusam! Inilah Tips Merawat Body Motor pada Warna Doff

• Bersihkan penyaring udara

Setelah itu lakukan juga pembersihan pada bagian penyaring udara karburator. Agar lebih mudah, lepaskan dulu bagian ini dari karburator, bersihkan secara hati-hati dengan pembersih khusus penyaring udara. Jika sudah bersih, kalian bisa keringkan dengan cara diangin-anginkan saja. 

• Bersihkan Bagian Pilot Jet, Main Jet, dan Needle Jet

Ketiga bagian pada karburator ini memiliki peranan yang penting pada cara kerja karburator motor. Karena ukurannya yang kecil, bagian ini memang jadi bagian yang sulit dibersihkan dan harus ekstra hati-hati.

Pertama-tama lepaskan ketiga bagian tadi. Untuk bagian pilot jet & main jet, kalian bisa membersihkan dengan cara meniup bagian lubang dengan alat kompresor. Sementara untuk bagian needle jet, kalian bisa membersihkannya dengan kuas. 

Setelah bersih, kalian bisa kembali memasang semua komponen karburator satu per satu seperti semula dan memasangnya kembali. Begitulah ringkasan cara yang bisa kalian lakukan untuk merawat karburator sepeda motor. 

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya