Mengenal Fungsi Ring Washer Pada Baut Mesin Motor

Mengenal Fungsi Ring Washer Pada Baut Mesin Motor

Washer ring motor-Istimewa-

6. Mengatur jarak pengencangan. 

Punya Beragam Jenis dan Ukuran

Karena setiap bagian sepeda motor yang dikencangkan dengan baut memiliki beragam kondisi, maka washer pun dibuat dengan beragam jenis dan bentuk berbeda.

BACA JUGA:Aveta Ranger Cub Cross 2024, Bebek Trail Anti Mainstream Rp 16 Jutaan!

Perbedaan jenis dan bentuk washer ditentukan pada material bahan, beban serta getaran yang timbul pada komponen yang disatukan. Misalnya washer pada baut oli mesin Honda CBR150R dan Vario 110 akan berbeda.

Selain itu, perlu dilakukan adanya penggantian washer ketika melakukan pelepasan baut atau mur pada washer tersebut, karena dapat berdampak negatif apabila washer tidak di ganti yang baru seperti, crank case retak, dudukan baut dol dan lainnya.

Hal tersebut juga dapat terjadi apabila washer yang digunakan kualitasnya buruk, sehingga disarankan menggunakan washer original.

BACA JUGA:Mau Pakai Moge? Ini Syarat Mendapatkan SIM C1 dan SIM C2

Beberapa contoh bagian yang wajib dilakukan penggantian washer diantaranya pada saat ganti oli mesin, oli gardan dan coolant. 

Perlu diingat pula, seiring pemakaian sepeda motor pada beragam kondisi jalan dan cuaca, performa komponen-komponen sepeda motor akan berkurang. Karena itu, lakukanlah pemeriksaan dan perawatan secara rutin di bengkel kesayangan bradsis.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya