Jangan Asal Starter Motor, Bisa Bikin Mesin Rusak Lho!

Jangan Asal  Starter Motor, Bisa Bikin Mesin Rusak Lho!

Jangan Asal Starter Motor Karena Dapat merusak Mesin , Begini Tips Dan Triknya -freepik-freepik

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM –  Menghidupkan motor bukanlah perkara sulit. Tinggal masukkan kunci kontak, kemudian pencet tombol electric starter dan motor pun akan langsung menyala.

Kalau ternyata electrik starter motor bermasalah atau aki sudah soak, kalian bisa menggunakan kick starter sebagai alternatif.

Motor dengan teknologi injeksi ternyata nggak disarankan untuk dihidupkan dengan cara cepat sehabis masukkan kunci kontak dan langsung starter. Lho, kok begitu?

Dalam panel instrumen motor injeksi, bradsis bisa menemukan beberapa lampu indikator, speedometer, indikator bahan bakar, hingga sebuah lampu yang berwarna orange.

BACA JUGA:Aldi Satya Mahendra Cuma Kalah 0,007 Detik di Race 1 WorldSSP300 Misano!

BACA JUGA:Toprak Razgatlioglu Unggul di Superpole WSBK Misano 2024

Lampu ini (orange) biasanya akan langsung menyala saat kunci kontak di putar ke posisi ON, sambil diikuti dengan suara “ngeeng...!”.

Bukan lampu sembarangan lho. Lampu berwarna orange ini berfungsi untuk membantu kalian mendeteksi apakah komponen injeksi dalam motor kalian baik-baik saja atau tidak.

Jika komponen injeksi dalam masalah, biasanya lampu ini akan memberikan kode tertentu berupa kedipan atau justru lampunya tidak mau mati.

Durasi dan jumlah kedipan lampu ini berbeda sesuai dengan jenis kerusakan dan produk sepeda motornya.

BACA JUGA:Dealer TVS di Tabanan Bali Resmi Dibuka

BACA JUGA:Bedah Detail Mesin Yamaha NMAX TURBO, Banyak Juga Bedanya!

Misal, jika muncul 7 kedipan saat motor dinyalakan, kemungkinan motor kalian mengalami masalah di bagian Engine Oli Temperatura atau Engine Coolent Temperature, sedangkan jika 8 kedipan yang muncul, bisa jadi masalahnya datang dari sensor Throttle Position.

Sedangkan jika komponen injeksi motor masih normal, lampu ini hanya akan menyala sebentar, kemudian mati.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya