Yamaha NMax Turbo Punya Teknologi Canggih, Idealnya Pakai Bensin Apa?

Yamaha NMax Turbo Punya Teknologi Canggih, Idealnya Pakai Bensin Apa?

Yamaha NMax Turbo-Ilham-

CIBINONG, MOTOREXPERTZ.COM - Yamaha NMax Turbo yang dirilis di Indonesia pada 12 Juni lalu memang mengusung sejumlah ubahan di banyak sektor. Mulai tampang hingga fitur dan mesinnya pun berbeda.

Namun motor dari tipe Maxi Yamaha ini ternyata masih diperbolehkan untuk mengonsumsi BBM jenis RON 90. Ini artinya, NMax Turbo masih boleh memakai bensin Pertalite atau Vivo Revvo 90.

Hal ini dijelaskan oleh Ferry Nurul Fajar, Service Educator PT Yamaha Indonesia  Motor Manufacturing (YIMM). Menurutnya dari buku petunjuk penggunaan, Yamaha NMax hanya diperkenankan memakai bahan bakar tanpa timbal.

"Yang penting sudah tanpa timbal. Pertalite kan sudah tanpa timbal, dengan kompresi yang 11,6:1 masih aman pakai Pertalite," ucapnya.

BACA JUGA:Yamaha Masih Enggan Jual Moge di Indonesia, Ini Alasannya

BACA JUGA:Siapkan Mesinmu! Pertamax Turbo Drag Fest 2024 Siap Digelar, Buka Kelas Untuk Motor dan Mobil

Di sisi lain, dirinya mengatakan jika idealnya Yamaha NMax Turbo sudah mengonsumsi bensin jenis RON 92 atau RON 95 yang lebih mudah ditemukan di pasar.

Sedangkan untuk Pertamax Turbo atau bensin jenis RON 98 lainnya disebutkan jika oktan tersebut cukup ketinggian dan justru tak memperoleh manfaat lebih dari penggunaannya.

"Bensin oktan tinggi kebakarnya lebih susah. Masih aman, pakai RON 92 sampai 95. Karena kalau terlalu tinggi nantinya bensin malah oli akan terkontaminasi bensin, atau fuel dilution," ucapnya.


Fuel dilution sendiri adalah kondisi di mana sistem pelumasan terkontaminasi oleh bahan bakar yang bocor saat sedang mengalir menuju bak mesin. 

BACA JUGA:Beredar Rumor, Motor Retro Kawasaki W230 Siap Dijual

BACA JUGA:Yamaha Grand Filano Dapat Rombakan Unik Dari Cewek Ini, Ada Knalpot di Sisi Kiri

Kondisi ini beresiko merusak performa oli mesin kendaraan bradsis, karena mengurangi viskositas oli mesin yang berpotensi mengganggu perlindungan dari keausan dan menurunkan daya kerja optimalnya.

Kembali ke Yamaha NMax Turbo. Secara spek, mesin yang dipakai tak jauh berbeda dari Yamaha Lexi LX 155 yang mengusung tipe Blue Core 155 Cc VVA generasi ke-3.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya