Simak Cara Merawat Sepeda Motor Cat Bodi Doff

Simak Cara Merawat Sepeda Motor Cat Bodi Doff

Tips Merawat Cat Doff pada Sepeda Motor, Dijamin Auto Kinclong!-Wahana Honda-Istimewa

JAKARTA, MOTOREXPERTZ.COM - Merawat dan menjaga cat bodi motor berwarna doff tidaklah sesulit yang mungkin kita bayangkan. Menjaganya dari debu dan kotoran adalah langkah utama untuk mempertahankan keindahan warna cat tersebut.

 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat bodi sepeda motor berwarna doff agar catnya tidak cepat pudar:

1. Jangan Langsung Dilap
Ketika bodi motor berwarna doff kotor, jangan segera menghapusnya dengan kanebo atau kain microfiber karena gerakan gesekan dari kotoran dan debu pada bodi bisa menyebabkan baret halus. Untuk membersihkannya, siram seluruh bodi motor dengan air terlebih dahulu kemudian gunakan sabun pencuci khusus motor.

 

Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain microfiber atau kanebo. Penting untuk diingat, gunakanlah sabun yang dikhususkan untuk mencuci sepeda motor, jangan menggunakan deterjen yang dapat membuat cat motor terlihat kusam.

 

BACA JUGA:Kegagalan di Sachsenring Jadi Pelajaran Berharga Buat Jorge Martin

 

BACA JUGA:Sempat Duel Sengit, Fermin Aldeguer Mendominasi di Moto2 Jerman!

 

2. Gunakan Sabun Khusus Cuci Motor
Penting untuk menggunakan sabun atau shampo khusus dalam mencuci motor. Sabun yang tepat akan membantu menjaga kecerahan warna cat doff dan mencegah cat menjadi kusam.

 

Pastikan sabun cuci motor yang anda gunakan memiliki kandungan PH netral agar tidak merusak lapisan cat sepeda motor.

3. Gunakan Cairan Poles Water Base
Cairan poles berbahan dasar air lebih aman untuk cat berwarna doff karena tidak akan memberikan efek glossy.

 

Cari cairan atau treatment khusus yang dirancang untuk motor berwarna doff. Cairan khusus untuk warna doff biasanya akan membuat permukaan doff semakin tebal dan teksturnya terlihat lebih baik.

 

BACA JUGA:David Alonso Juara Moto3 Jerman 2024, Makin Memimpin di Klasemen

 

BACA JUGA:Jorge Martin Kuasai Kualifikasi MotoGP Jerman 2024

 

Bradsis bisa membedakan cairan poles berbahan dasar air dan minyak dengan cara merasakannya dengan telapak tangan. Jika terasa licin, berarti menggunakan bahan dasar minyak. Namun jika tidak licin dan cepat menguap, itu tandanya menggunakan bahan dasar air.

4. Gunakan Kain Berbahan Halus
Pastikan untuk menggunakan kain yang halus dan lembut ketika membersihkan bodi motor berwarna doff.

Permukaan cat doff lebih kasar dibandingkan dengan cat metallic atau glossy, sehingga kain yang digunakan juga harus lembut agar tidak merusak cat.

 

Selain itu, gunakan lap atau kain yang berbeda untuk membersihkan bagian bawah, seperti roda dan mesin, dengan bagian bodi motor. Hal ini dilakukan untuk mencegah kotoran halus yang menempel pada lap dari merusak lapisan cat bodi sepeda motor.

Temukan konten motorexpertz.com menarik lainnya di Google News

Tag
Share
Berita Lainnya